Kompas TV religi agama

Jemaah Haji Indonesia Sampai di Arafah untuk Lakukan Wukuf, Prediksi Suhu Capai 50 Derajat Celcius

Kompas.tv - 27 Juni 2023, 08:48 WIB
jemaah-haji-indonesia-sampai-di-arafah-untuk-lakukan-wukuf-prediksi-suhu-capai-50-derajat-celcius
Jemaah haji Indonesia bersiap bergerak menuju Arafah dari wilayah Syisah 404, Senin (26/6/2023). (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

ARAFAH, KOMPAS.TV - Jemaah haji di seluruh dunia, termasuk dari Indonesia akan melaksakan wukuf di Arafah, Mekkah pada 9 Zulhijah atau hari ini, Selasa (27/6/2023) Waktu Standar Arab Saudi (WSAS) .

Diketahui, wukuf merupakan salah satu rukun haji, di mana jemaah haji berhenti di Padang Arafah untuk berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Banyak yang menganggap wukuf merupakan lambang saat manusia berada di Padang Mahsyar.

Menurut Jurnalis Kompas TV Abel Insani yang saat ini berada di Arafah, hampir semua jemaah haji Indonesia sudah tiba Arafah, Mekkah pada pukul 10.00 malam WSAS.

Sejumlah persiapan dilakukan oleh jemaah haji Indonesia untuk melakukan wukuf pada siang hari sekira pukul 13.00 WSAS atau setelah salat zuhur.

Baca Juga: Menyembelih Hewan Kurban di Waktu ini Hukumnya Tidak Sah, Salah Satunya Sebelum Salat Iduladha

Menurut Abel, saat ini Arab Saudi sedang berada di puncak musim panas sehingga suhu bisa mencapai 50 derajat celcius.

"Arab Saudi mencapai puncak musim panas artinya ini sangat rentan bagi lansia ketika mereka beraktivitas di luar tenda, maka mereka diimbau untuk melakukan ibadah di tenda," kata Abel melaporkan kondisi jemaah haji Indonesia dari Arafah di tayangan Sapa Indonesia Pagi Kompas TV.

Agar mencegah dehidrasi, kata Abel, jemaah diminta untuk minum satu atau dua teguk setiap 10 menit sekali.

Abel menjelaskan, teknik minum itu selain untuk mecegah dehidrasi juga sebagai strategi agar jemaah haji tidak terlalu sering ke toilet.

Selain persiapan air minum, layanan kesehatan juga disiagakan untuk jemaah yang membutuhkan bantuan medis.

"Layanan kesehatan di sini 24 jam stand by dokter atau tenaga kesehatan untuk jemaah yang membutukan konsultasi kesehatan," ucapnya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x