Kompas TV religi agama

Hari Raya Waisak 2567 BE/2023, Umat Buddha Memperingati 3 Peristiwa Penting Siddharta Gautama

Kompas.tv - 4 Juni 2023, 05:00 WIB
hari-raya-waisak-2567-be-2023-umat-buddha-memperingati-3-peristiwa-penting-siddharta-gautama
Ilustrasi. Hari Waisak 2023 atau 2567 BE diperingati umat Buddha hari ini, Minggu (4/6/2023) (Sumber: Kompas.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hari raya Waisak 2023 atau 2567 BE diperingati umat Buddha hari ini, Minggu (4/6/2023), sebagai perayaan lahirnya sang Siddharta Gautama.

Bagi umat Buddha, Siddharta Gautama adalah guru spiritual dari wilayah timur laut India yang merupakan pendiri agama Buddha. Siddharta dikenal sebagai Shakyamuni (orang bijak kaum Sakya) dan sebagai sang Tathagata.

Setiap tahunnya, Hari Raya Waisak jatuh pada tanggal yang berbeda, tetapi umumnya pada bulan Mei atau bergantung pada penandaan kalender Buddha atau Buddhist Era (BE).

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama, Supriyadi mengatakan, detik-detik Waisak di Indonesia akan diperingati pada pukul 10.41 WIB siang nanti.

Supriyadi menerangkan penetapan Hari raya Tri Suci Waisak di Indonesia menggunakan metode Purnama-Sidhi berdasarkan perhitungan astronomi yang bersifat universal, ilmiah, dan modern.

Baca Juga: Jelang Waisak, Para Biksu Jalani Upacara Pengambilan Api Dharma Suci

Supriyadi merinci bahwa satu tahun Matahari berjumlah 365 hari, sedangkan satu tahun lunar (bulan) hanya 355 hari sehingga terdapat perbedaan 10 hari setiap tahunnya.

“Pada tahun kabisat lunar, dalam satu tahun terdapat 13 purnama. Pada saat itu, terdapat bulan Waisak ganda. Maka, perhitungannya berpatokan pada kalender lunar/chandra Buddhis yang sudah menyesuaikan dengan perhitungan kalender Matahari/solar. Atau, perhitungan lunar-solar yang setiap satu daur 19 tahun terdapat 7 tahun kabisat lunar dengan 7 bulan sisipan,” ungkapnya, Kamis (1/6) dikutip dari Antara.

Tahun 2023 Masehi merupakan warsa kabisat lunar, yang terdapat bulan Waisak ganda. Maka yang diambil adalah Purnama-Sidhi Waisak kedua yang jatuh pada 4 Juni 2023.
Beberapa perayaan Waisak di berbagai Negara seperti Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, Saga Dawa di Tibet, Visakha Bucha di Thailand, Vesak di Sri Lanka, Vesak di Malaysia dan Singapura.

Ada banyak rangkaian acara yang dilakukan oleh umat Buddha menjelang hari Waisak, contohnya adalah seperti meditasi, kebaktian serta pindapatta. 

Di Indonesia, umat Buddha di setiap daerah, memiliki tradisi yang berbeda-beda dalam merayakan hari Waisak, misalnya mengadakan festival lampion Waisak dan biasanya dilakukan di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Ilustrasi Hari Waisak 2023. Biksu berjalan di antara stupa candi saat menjalankan Prosesi pradaksina di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (6/5/2022) untuk menyambut Perayaan Tri Suci Waisak 2556 BE. (Sumber: Kompas.com)


Sumber : Kompas TV, Antara, Gramedia.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.