Kompas TV religi agama

Sambut Idulfitri 1444 H, Menteri Agama: Sudahi Segala Bentuk Perselisihan dan Caci Maki

Kompas.tv - 21 April 2023, 20:29 WIB
sambut-idulfitri-1444-h-menteri-agama-sudahi-segala-bentuk-perselisihan-dan-caci-maki
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Sumber: Kementerian Agama )
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan 2023, Menteri Agama Indonesia Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1444 H.

Ia berharap, semoga puasa dan amal ibadah kita selama Ramadan diterima Allah dan mengantarkan menjadi pribadi yang bertakwa.

"Sambut Idulfitri, kita diajarkan untuk menggemakan takbir, mengagungkan asma Allah, menegaskan bahwa hanya Allah lah yang Maha Besar. Gema takbir Idulfitri mengingatkan bahwa sehebat apa pun kita, setinggi apa pun derajat kita, sekuat apa pun kekuasaan kita, sebanyak apa pun harta kekayaan kita, fitrah kita sebagai manusia adalah hamba Allah. Kita adalah makhluk dan karenanya tidak sepantasnya menyandang beragam bentuk kesombongan yang itu adalah pakaian Allah," tulis Yaqut melalui keterangan resmi yang diterima oleh Kompas.tv, Jumat (21/4/2023).

Menurutnya, Ramadan telah mengajarkan kepada kita semua tentang kekuasaan Allah. 

"Pelajaran yang sudah seharusnya menumbuhkan sikap tawadhu. Yaitu, senantiasa merendahkan diri kepada Allah dan tidak berbuat semena-mena atau memandang remeh terhadap sesama. Orang rendah hati, tulus dalam menjalin persaudaraan dan mencintai, menjunjung tinggi kebenaran, serta bersedia membantu orang lain," jelasya.

Baca Juga: Salat Id di Tempat Ini Dapat Bonus Pemandangan Bagus, Bikin Adem di Mata

Ia juga mengajak untuk menyudahi segala bentuk perselisihan dan caci maki. Ia meminta semua itu digantikan dengan doa untuk kebaikan sesama umat Islam.

"Ganti dengan sikap saling mendoakan untuk kemaslahatan umat, kebaikan semua, dan juga kemajuan Indonesia. Taqabalallahu minna wa minkum taqabbal yaa karim. Semoga amal baik kita semua diterima oleh Allah Yang Maha Karim. Amin," tutupnya.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriyah jatuh pada Sabtu, 22 April 2023.

Hal ini berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar secara tertutup, pada Kamis (20/4/2023) di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama, Jakarta.

“Tadi sidang isbat secara mufakat telah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriyah jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023,” ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers usai gelar sidang isbat.

Menurut Yaqut, berdasarkan hisab posisi hilal di seluruh Indonesia telah di atas ufuk dan tidak memenuhi kriteria mabims baru serta ketiadaan laporan melihat hilal, sehingga penetapan 1 Syawal 1444 Hijriyah jatuh pada hari Sabtu.

“Hilal di seluruh Indonesia sudah di atas ufuk dan tidak memenuhi kriteria mabims baru, serta ketiadaaan laporan melihat hilal,” ujarnya.

Baca Juga: Begini Aksi Polisi Gendong Warga Disabilitas yang Akan Salat Id di Pura Mangkunegaran Solo




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x