Kompas TV religi agama

Bacaan Doa Lailatulqadar Ajaran Nabi Muhammad, Dilengkapi Arab, Latin dan Artinya

Kompas.tv - 18 April 2023, 20:08 WIB
bacaan-doa-lailatulqadar-ajaran-nabi-muhammad-dilengkapi-arab-latin-dan-artinya
Ilustrasi. Keistimewaan malam Lailatul Qadar bisa baca doa Lailatul Qadar berikut ini (Sumber: Business insider)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap muslim pasti inginkan Lailatulqadar, waktu terbaik berisikan pahala dan barakah yang melebihi 1.000 bulan. Pada 10 hari terakhir Ramadan ini, doa ajaran Nabi Muhammad bisa kita panjatkan agar mendapatkan Lailatulqadar. 

Doa Lailatulqadar ini berdasarkan hadis Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Siti Aisyah. 

Aisyah pernah berkata, "Wahai Rasulullah, andaikan aku mengetahui lailatulqadar, apa yang bagus aku baca?" Rasulullah menjawab, "Bacalah, Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni’ (Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang minta ampunan, ampunilah aku)." (HR: al-Tirmidzi, al-Nasai, Ibnu Majah). 

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Salat Qiyamul Lail, dari Salat Hajat hingga Tasbih, Amalan Malam Lailatul Qadar

Adapun terkait waktu malam Lailatulqadar sendiri tak ada yang mengetahui persisnya kapan. Namun, para ulama mengajarkan malam tersebut terjadi pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadan. 

Kini umat Islam pada hari ini, Selasa (18/4/2023) sudah memasuki hari ke-27 Ramadan. Artinya, masih ada kesempatan untuk mendapatkan malam Lailatulqadar. 

Menurut Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzkar, menjelaskan bahwa pada saat seeorang ingin mendapatkan Lailatulqadar, maka  dianjurkan untuk memperbanyak doa ini menjemput Lailatulqadar. 

Selain membaca Doa lailatulqadar ini, umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan Ramadan seperti membaca Al-Qur’an dan zikir yang lain, serta menghidupkan malam (qiyamullail). 

Baca Juga: Kisah Rasulullah Berjumpa dengan Lailatulqadar

Doa Malam Lailatulqadar

Berikut ini merupakan bacaan doa malam Lailatulqadar (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks Latin: Allahumma Innaka ‘Afuwwun Kariim Tukhibbul Afwa Fa’fu ‘Anni

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia, engkau menyukai ampunan maka ampunilah aku.

Semoga puasa Ramadan 2023 memberi keberkahan bagi kita semua dan mendapatkan Lailatulqadar dari-Nya. Amin. Wallahu a'lam. 


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.