Kompas TV cerita ramadan cerita

Kisah Rasulullah Berjumpa dengan Lailatulqadar

Kompas.tv - 16 April 2022, 04:55 WIB
kisah-rasulullah-berjumpa-dengan-lailatulqadar
Ilustrasi bulan Ramadan. Berikut ini merupakan kisah Rasullah bertemu lailatulqadar. (Sumber: Pixabay/Chiplanay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lailatulqadar adalah malam istimewa dan disebutkan sebagai malam terbaik melebihi 1.000 bulan. Lantas, apakah Nabi pernah bertemu dengan malam istimewa ini?

Beliau dikisahkan pernah berjumpa dengan malam lailatulqadar ini pada sebuah malam. Malam yang beliau gambarkan dengan penuh keindahan. 

Saat itu, beliau sedang duduk iktikaf dan qiyamullail. Ini terjadi hari-hari terakhir bulan suci Ramadan.

Para sahabat pun tidak sedikit yang mengikuti apa yang dilakukan Rasulullah. Ketika Rasulullah berdiri salat, para sahabat juga menunaikan salat.

Lantas, tatkala beliau doa, para sahabat juga serempak melakukan hal serupa. Para sahabat nyaris tidak mengetahui itu dan berpikir malam itu laiknya malam-malam biasa, bukan malam penuh berkah seperti lailatulqadar.

Sebagaimana dinukil dari kisah di situs resmi NU , ketika pertemuan dengan lailatulqadar itu terjadi, digambarkan langit dalam kondisi yang teduh dan sunyi. Langit mendung tidak berbintang. Angin pun meniup sepoi-sepoi dan menjalar ke seluruh bagian masjid.

Lantas, sesuatu terjadi ketika Nabi salat bersama para sahabat tersebut.

Baca Juga: 11 Ramadan, Kisah Wafatnya Khadijah Istri Nabi Muhammad

Malam Lailatulqadar

Di saat Rasulullah Saw dan para sahabat sujud, tiba-tiba hujan turun cukup deras. Masjid yang tidak beratap itu menjadi tergenang air hujan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x