Kompas TV religi beranda islami

Amalan dan Doa Malam Lailatul Qadar, 10 Hari Akhir Ramadan 2023 Mulai Malam Ini

Kompas.tv - 11 April 2023, 09:00 WIB
amalan-dan-doa-malam-lailatul-qadar-10-hari-akhir-ramadan-2023-mulai-malam-ini
Ilustrasi doa malam lailatul qadar (Sumber: Instagram)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Malam terakhir bulan Ramadan 2023 akan jatuh mulai hari ini, Selasa (11/4/2023) setelah matahari terbenam. 

Hal ini sesuai dengan penetapan awal Ramadan 2023 menurut sidang isbat yang dilakukan pemerintah dan pihak-pihak terkait.

Sepuluh hari terakhir Ramadan memiliki berbagai keistimewaan, salah satunya adalah peristiwa malam lailatul qadar.

Melansir laman NU Online, malam lailatul qadar adalah malam turunnya Al-Quran secara keseluruhan ke bumi.

Sebagian ulama juga berpendapat, malam lailatul qadar adalah malam ketika Allah SWT mengangkat kedudukan Nabi Muhammad, memuliakannya dengan risalah serta membangkitkannya menjadi Rasul terakhir.

Dalam kitab Al-Quran, Allah SWT menjanjikan malam lailatul qadar itu lebih baik dari 1.000 bulan atau 83 tahun. Sebagaimana surat Al-Qadr, ayat 1-3 sebagai berikut:

Artinya, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'n) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?, Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”

Rasulullah tidak menyebutkan secara pasti kapan malam lailatul qadar. Namun dalam sebuah hadis dijelaskan yakni tanggal ganjil 10 hari terakhir Ramadan.

Dari Aisyah r.a. ia menuturkan, "Sesungguhnya Rasulullah s.a.w. bersabda, "Carilah malam Qadar pada malam-malam ganjil pada sepuluh terakhir bulan Ramadhan”. (Hadis Shahih, riwayat al-Bukhari: 1878 dan Muslim: 1998).

Berdasarkan hal tersebut, artinya, malam lailatul qadar akan terjadi mulai pada puasa Ramadan malam ke-21, 23, 25, 27 dan 29.

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Keistimewaan malam Lailatulqadar pada dasarnya terletak dalam dua kemuliaan, yaitu turunnya Al-Quran (nuzulul quran) dan turunnya para malaikat.

Pada malam lailatul qadar, malaikat dalam jumlah yang besar, termasuk di dalamnya malaikat Jibril turun ke bumi dengan penuh kedamaian dan kesejahteraan.

Seorang Muslim yang mengerjakan amalan kebaikan-kebaikan di malam itu, maka nilainya lebih baik dari mengerjakan kebaikan selama seribu bulan.

Dari Abu Hurairah r.a. Nabi SAW bersabda, “Siapa yang mengerjakan ibadah pada malam Qadar dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan, dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu”.

Amalan Malam Lailatul Qadar

Ada beberapa amalan yang dianjurkan dilakukan pada malam lailatul qadar, yaitu:

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Iktikaf di Masjid, Salah Satu Amalan di Malam Nuzulul Quran



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.