Kompas TV religi beranda islami

Perbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar yang Perlu Diketahui

Kompas.tv - 7 April 2023, 13:50 WIB
perbedaan-nuzulul-quran-dan-lailatul-qadar-yang-perlu-diketahui
Ilustrasi perbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar (Sumber: Instagram)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menurut ajaran Islam, ada dua peristiwa penting yang terjadi pada bulan Ramadan yakni Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar. Namun, beberapa orang masih bingung membedakan keduanya.

Pasalnya, jika dilihat sekilas, Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar adalah sama-sama peristiwa penting terkait turunnya kitab suci umat islam, Al-Quran.

Keduanya juga memiliki sederet keutamaan yang luar biasa jika diperingati dengan ibadah dan amalan-amalan yang baik seperti memberi makan fakir miskin, membantu yang membutuhkan, dan berzikir.

Lantas, apa perbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar?

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Iktikaf di Masjid, Salah Satu Amalan di Malam Nuzulul Quran

Lailatul Qadar

Istilah Lailatul Qadar berasal dari dua kata bahasa arab yakni “lailatun” yang artinya “malam” dan “qadrun” yang artinya “kemuliaan”.

Melansir laman Nahdlatul Ulama (NU), beberapa pakar tafsir menjelaskan bahwa Al-Qur’an diturunkan melalui dua kali proses yaitu secara keseluruhan (jumlatan wahidah) dan secara bertahap (najman najman). 

Lailatul Qadar adalah peristiwa diturunkannya Al-Quran oleh Allah SWT secara menyeluruh di langit dan dikumpulkan jadi satu di Baitul Izzah sebelum diterima Nabi Muhammad di bumi melalui malaikat Jibril.

Malam Lailatul Qadar ini dijelaskan langsung dalam Al-Quran surat Ad-Dukhan ayat 3-5 yang artinya:

Sesungguhnya kami menurunkan Al-Quran pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah. (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah yang mengutus rasul-rasul.

Ibnu Abbas dan yang lainnya menegaskan “Allah menurunkan Al-Qur’an sekaligus (30 juz, red) dari lauhil Mahfudz ke Baitul Izzah langit dunia. 

Baca Juga: 3 Doa di Malam Nuzulul Quran untuk Memohon Ampunan dan Keberkahan



Sumber : MUI, NU Online


BERITA LAINNYA



Close Ads x