Kompas TV religi beranda islami

Malam Nuzulul Quran 17 Ramadan Jatuh Pada 7 April 2023, Ini Amalan-amalan Terbaiknya

Kompas.tv - 5 April 2023, 17:34 WIB
malam-nuzulul-quran-17-ramadan-jatuh-pada-7-april-2023-ini-amalan-amalan-terbaiknya
Ilustrasi malam Nuzulul Quran yang jatuh pada 17 Ramadan (Sumber: Pixabay/mohammed_hassan)
Penulis : Dian Nita | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salah satu peristiwa yang paling dinantikan umat muslim saat bulan Ramadan adalah malam Nuzulul Quran.

Nuzulul Quran merupakan peristiwa turunnya ayat-ayat Al-Quran kepada Nabi Muhammad Rasulullah SAW pada malam ke-17 di bulan Ramadan.

Mengacu pada 1 Ramadan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama, maka 17 Ramadan jatuh pada Sabtu, 8 April 2023.

Dengan kata lain, malam Nuzulul Quran 2023 bisa diperingati oleh umat muslim Indonesia pada Jumat, 7 April 2023 malam.

Baca Juga: Nuzulul Quran Tidak Hanya Diperingati 17 Ramadan

Tujuan memperingati Nuzulul Quran adalah untuk menghayati dan mengamalkan ajaran  yang terkandung dalam kitab suci Al-Quran untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Apa Itu Nuzulul Quran?

Nuzulul Quran adalah malam diturunkannya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara Malaikat Jibril sebagai awal dari turunnya ayat-ayat Al-Quran. 

Ayat pertama Al-Quran yang turun adalah surat Al-Alaq 1-5 saat Nabi sedang menyepi di gua Hira, sekira 5 kilometer dari Makkah.

Saat itu Jibril mendatangi Rasulullah dan memeluknya. Setiap kali memeluk, Jibril mengatakan, “Iqra’!” artinya “Bacalah.” 

Rasulullah menjawab “Aku tidak mengenal bacaan.” 

“Iqra’ bismi rabbikal ladzi khalaq, khalaqal insana min alaq. Iqra wa rabbukal akram. Alladzi `allama bil qalam. `Allamal insana ma lam ya’lam,” kata Jibril dipelukan ketiga.

Baca Juga: 3 Tradisi Unik Peringatan Nuzulul Qur’an di Indonesia



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.