Kompas TV religi beranda islami

Kisah Lengkap Isra Miraj, Perjalanan Rasulullah ke Langit Ketujuh dan Perintah Salat 5 Waktu

Kompas.tv - 17 Februari 2023, 05:15 WIB
kisah-lengkap-isra-miraj-perjalanan-rasulullah-ke-langit-ketujuh-dan-perintah-salat-5-waktu
Ini 4 keindahan tempat dalam Isra Miraj Nabi Muhammad, bikin takjub (Sumber: Facebook Kementerian Agama RI)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi umat Islam, peristiwa Isra Miraj  yang terjadi pada tahun ke-10 kenabian merupakan peristiwa besar dan menggetarkan. Pada tahun ini, Isra Miraj 2023 jatuh pada Sabtu besok atau 27 Rajab 1444 H atau bertepatan dengan Sabtu (18/2/2023). 

Berikut ini merupakan kisah lengkap Isra Miraj, peristiwa bersejarah umat Islam dan perjalanan Rasulullah ke langit ketujuh untuk menerima perintah salat 5 waktu.

Kisah Isra Miraj Nabi Muhammad ini juga termaktub dalam kitab suci Umat Islam, Al-Qur'an, di surat Al-Isra, sebagai tanda kebesaran Allah SWT. 

Sebelum melakukan perjalanan isra miraj dan mendapatkan perintah salat lima waktu, ada sebuah peristiwa bernama Amul Huzni atau tahun kesedihan. 

Amul Huzni ini erat kaitannya dengan peristiwa Isra Miraj yang dialami Nabi Muhammad pada 27 Rajab. Rasulullah sedih ditinggal dua orang yang beliau kasihi selama berjuang. 

Yakni istri yang menemani beliau selama 28 tahun, yakni Khadijah yang bergeral Ummul Mukminin (ibu bagi segenap umat Islam) dan paman yang selalu menjaga beliau, yakni Abu Thalib.

Dikutip dari Sirah Nabawiyah ar-Rahiq Al-Maktum karya Syeikh Syafiyurrahman Al-Mubarakfuri, Amul Huzni  terjadi kira-kira jelang peristiwa Isra Miraj, sekitar tahun 619 Masehi. 

Baca Juga: Tradisi Memperingati Isra Miraj di 4 Negara Selain Indonesia

Kisah Isra Miraj Lengkap

Pada sebuah malam 27 Rajab beliau diangkat oleh Allah SWT untuk Isra Miraj hingga Sidratul Muntaha, langit ketujuh, untuk berjumpa langsung dengan Sang Pencipta.

Isra adalah perjalanan malam hari dari Mekah, Masjidil Haram, menuju Baitul Baqdis atau Masjidil Aqsa di Palestina. Perjalanan ini menurut mayoritas ulama adalah perjalanan fisik dan batin.

Sedangkan Miraj adalah perjalanan Nabi Muhammad diangkat ke langit hingga Sidratul Muntaha.

Dikisahkan, Rasulullah diangkat oleh Allah SWT ke langit ketujuh dan jumpa nabi-nabi sebelum beliau. Mulai dari Nabi Musa hingga Nabi Ibrahim.

Isra Miraj adalah peristiwa yang disebut mukjizat, ketika Nabi Muhammad mengalami perjalanan begitu jauh dan hanya satu malam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x