Kompas TV religi beranda islami

Safarjal Buat Ibu Hamil

Kompas.tv - 31 Oktober 2022, 16:02 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Pernahkah Anda mengenal buah safarjal? Buah ini dalam bahasa Inggris disebut quince. Safarjal masih satu famili dengan pir, jambu biji dan apel.

Yang menarik adalah adanya riwayat dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam dalam kitab Fathul Bari, syarah Muslim dan Mu’jam kabir mengenai buah ini.

Diriwayatkan oleh Imam Yahya bin Yahya, dari Kholid bin Ma’dan: “Makanlah oleh kalian (wanita-wanita yang sedang hamil) jambu safarjal dapat mempercantik anak.” Adapula riwayat yang menyatakan, bahwa suatu kaum melapor kepada Nabi Sholallohu alayhi wasallam tentang kejelekan anak-anaknya. Maka Alloh Subhanahu Wa ta’alaa memberi wahyu kepada Nabi-Nya: “Perintahkanlah mereka agar memberi malam buah jambu safarjal kepada wanita-wanita yang hamil pada bulan ketiga dan keempat kehamilannya.” (Mu’jamul Kabiir Juz 1 halaman 117).

Sehingga dapat dikatakan bahwa buah ini sangat dianjurkan bagi perempuan karena selain baik untuk ibu baik juga untuk bayinya, menurut riwayat bahwa buah safarjal juga dapat melembutkan hati.

 

Wallahu’alam bis shawab

 

 

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x