Kompas TV religi beranda islami

Ratu Elizabeth II Berpulang pada Usia 96 Tahun, Ini Doa Panjang Umur yang Bisa Diamalkan

Kompas.tv - 9 September 2022, 11:28 WIB
ratu-elizabeth-ii-berpulang-pada-usia-96-tahun-ini-doa-panjang-umur-yang-bisa-diamalkan
Ilustrasi. Berikut ini merupakan doa panjang umur yang bisa kita amalkan agar diberikan usia yang panjang dan berkah. (Sumber: Istimewa/Tribunnews)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ratu Inggris, Ratu Elizabeth II, wafat pada usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat. Sebuah umur yang panjang untuk seorang manusia. Dalam Islam, memiliki umur panjang adalah berkah yang patut disyukuri. Bahkan, ada doa panjang umur yang bisa diamalkan.  

Ustaz Juriyanto dari Elbukhori Institute menjelaskan tentang sebuah doa yang bisa kita amalkan agar kita diberikan umur panjang dan berkah. 

Dalam Islam, umur panjang berarti Allah SWT memberikan kita nikmat agar dapat terus beribadah kepada-Nya dan berbuat kebaikan.

"Agar kita diberikan banyak harta yang membawa keberkahan dalam hidup dan juga diberikan panjang umur dalam ketaatan," jelas Ustaz Juriyanto di laman BincangSyariahKOMPAS TV sudah mendapat izin untuk mengutipnya. 

Baca Juga: Doa agar Terhindar dari Bencana Alam, Amalkan Pagi dan Sore

Doa Panjang Umur

Doa panjang umur (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

 

Teks Latin: Allahumma aktsir maalii wa waladii wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala thoo’atik wa ahsin ‘amalii waghfirlii.

Artinya: Ya Allah, perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau berikan padaku. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.

Baca Juga: 7 Golongan Orang yang Beruntung saat Kiamat Terjadi, Siapa Saja?

Baca Juga: Kisah Ratu Elizabeth II Melawat ke Timur Tengah, Dihadiahi Permata dan Mutiara Indah

Doa Panjang Umur dari Hadis Nabi

Doa ini bersumber dari dua hadis Nabi Muhammd SAW.

Hadis pertama berasal dari riwayat Imam Bukhari dari Anas bin Malik, bahwa ibunya, Ummu Sulaim berkata;

“Wahai Rasulullah, Anas adalah pelayanmu. Doakanlah kepada Allah untuknya. Kemudian Nabi Saw berdoa, ‘Allohumma aktsir malahu wa waladahu wa barik fima a’thoithu (Ya Allah, perbanyaklah harta Anas dan anaknya dan berkahilah karunia yang Engkau berikan padanya.’

Hadis kedua disebutkan oleh Ibnu Abi Khaitsamah dari Anas bin Malik, dia berkisah;

“Ibuku pergi bersamaku menuju Rasulullah saw. Kemudian ibuku berkata kepada Rasulullah saw, ‘Wahai Rasulullah, pelayan kecilmu, doakanlah kepada Allah untuknya. Kemudian Rasulullah saw berdoa; Allohumma aktsir malahu wa waladahu wa athil ‘umrohu waghfir zanbahu.’”

Itulah doa panjang umur dalam Islam yang bisa kita amalkan. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi niat baik kita. Amin. Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV/Bincangsyariah


BERITA LAINNYA



Close Ads x