Kompas TV religi beranda islami

7 Golongan Orang yang Beruntung saat Kiamat Terjadi, Siapa Saja?

Kompas.tv - 6 September 2022, 16:38 WIB
7-golongan-orang-yang-beruntung-saat-kiamat-terjadi-siapa-saja
Ilustrasi. Kelak, ketika kiamat tiba dan segalanya hancur, ada tujuh golongan yang beruntung lantaran mendapatkan pertolongan Allah SWT. Siapa saja mereka?  (Sumber: KELLEPICS/Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kelak, ketika kiamat tiba dan segalanya hancur, ada tujuh golongan orang yang beruntung lantaran mendapatkan pertolongan Allah SWT. Siapa saja mereka? 

Imam Nawawi dalam kitab Riyadhush Shalihin menjelaskan, tujuh golongan ini beruntung lantaran ketika tidak ada naungan lagi karena segalanya sudah hancur, Allah SWT akan memayungi mereka. 

Ketujuh golongan itu adalah, pertama, mereka yang mampu berlaku adil ketika mendapatkan amanah menjadi pemimpin.

Kedua, pemuda yang tumbuh dewasa dalam ibadah kepada Allah.

Ketiga, pemuda yang hatinya selalu terikat dengan masjid.

Keempat, dua orang yang saling mencintai karena Allah SWT. Dijelaskan Imam Nawawi, dua orang yang saling mencintai ini, bertemu dan berpisah karena-Nya.

Artinya, cinta mereka berdua dilandaskan atas ketakwaan kepada Allah SWT.

Kelima, pemuda yang takut berbuat keji atau zina. Ketika diajak berbuat keji, misalnya, oleh wanita yang mempunyai kedudukan dan kecantikan, ia berkata bahwa ada Allah SWT yang mengawasi mereka.

Keenam, orang yang gemar bersedekah.

Dijelaskan dalam kitab itu, seseorang yang bersedekah kemudian ia menyembunyikan amalan itu, seperti tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan tangan kanannya, maka ia termasuk golongan yang akan mendapatkan naungan Allah SWT di hari kiamat kelak.

Ketujuh, seseorang yang berzikir kepada Allah dalam kesendirian dan air matanya mengalir.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x