Kompas TV religi beranda islami

Pihak Keluarga Ridwan Kamil Sebut Eril Wafat Syahid Akhirat, Berikut Penjelasan Ulama soal Makna Itu

Kompas.tv - 3 Juni 2022, 11:19 WIB
pihak-keluarga-ridwan-kamil-sebut-eril-wafat-syahid-akhirat-berikut-penjelasan-ulama-soal-makna-itu
Adik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman (kiri) memberikan penjelasan secara virtual pada jumpa pers hilangnya Eril yang ditayangkan dalam program Breaking News Kompas TV, Jumat (3/6/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

 

JAKARTA, KOMPAS.TV – Adik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman mengungkapkan, pihak keluarga telah ikhlas dan meyakini Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah wafat karena tenggelam di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss.

Elpi menyebut, kondisi Eril wafar dalam syariat disebut sebagai 'syahid akhirat'. 

Keputusan ini, kata Elpi telah terlebih dahulu dikonsultasikan kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) setelah otoritas setempat mengubah status pencarian, dari sebelumnya orang hilang menjadi pencarian orang tenggelam. 

"Berdasarkan informasi yang kami dapat metode pencarian sudah fokus mencari Eril dalam keadaan yang bisa dinyatakan sebagai syahid akhirat dalam pandangan kami," kata Elpi dalam konferensi pers, secara virtual dari Bern, Swiss yang juga ditayangkan pada program Breaking News Kompas TV, Jumat (3/6/2022). 

"Kemudian informasi ini,  kami para keluarga yang di Bandung dikonsultasikan dengan para ulama, dan dinyatakan sebagai syahid akhirat," lanjut Elpi.

Baca Juga: Wafat karena Tenggelam Dihukumi Syahid dalam Islam, Berikut Penjelasannya

Penjelasan tentang Syahid Akhirat yang Ganjarannya Surga 

Sementara itu, Ustaz Kang Rashied Lc pernah menjelaskan tentang 'syahid akhirat' ini dalam program Kalam di hati yang tayang di Kompas TV pada 30 Mei 2020.

Ia pun menyebut, ada tiga macam jenis mati syahid. Salah satunya adalah syahid akhirat. 

“Orang yang syahid tiada lain adalah surga baginya,” paparnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x