Kompas TV religi beranda islami

Kisah Perang Uhud di Bulan Syawal, Berakhir dengan Kekalahan Umat dan Rumor Nabi Wafat

Kompas.tv - 25 Mei 2022, 12:39 WIB
kisah-perang-uhud-di-bulan-syawal-berakhir-dengan-kekalahan-umat-dan-rumor-nabi-wafat
Ilustrasi perang dalam Islam. Berikut ini juga merupakan peristiwa perang Uhud yang terjadi dalam bulan Syawal (Sumber: Kompas.com )
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Bulan Syawal dalam sejarah Islam akan selalu dikenang sebagai salah satu bulan yang menyesakkan dada. Betapa tidak, di bulan ini terdapat sebuah perang di bukit Uhud yang membuat Nabi Muhammad terluka parah, bahkan dirumorkan wafat.

Sejarah mencatat, perang dahsyat ini disebut sebagai perang Uhud, merujuk pada bukit Uhud. Jaraknya sekitar 4,5 KM dari Madinah. 

Perang Uhud pecah pada 15 Syawal, yakni tiga tahun setelah hijrahnya Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah yang melibatkan sebanyak 700 pasukan Muslim berhadapan dengan sekitar 3.000 pasukan gabungan Quraisy.

Jalannya Perang Uhud

Dikisahkan oleh Martin Lings dalam Mohammed perang Uhud awalnya dimenangkan umat Islam. Rasulullah sendiri yang memimpin perang ini.  

Pasukan umat Islam mendominasi jalannya pertempuran dan musuh tertekan. Pasukan panah umat Islam berjejer rapi di puncak bukit dan menghujani musuh dengan panah hingga kocar-kacir. 

Ketika tertekan musuh lari, Ghinamah atau harta rampasan perang pun banya ditinggalkan di bukit itu. Ghanimah sendiri biasanya berbentuk perak atau emas.

Pasukan muslim mengira sudah menang, lantas pergi ke bukit-bukit yang ditinggalkan musuh. Padahal, instruksi dari Nabi jelas.

Pasukan umat Islam disuruh untuk tetap tetap di gunung tersebut sampai datang instruksi berikutnya. Tapi, apa lacur, godaan ghinimah tersebut begitu besar dan membuat lalai.

Baca Juga: Asal-usul Perang Badar, Perang Dahsyat Umat Islam di Bulan Ramadan

Kalah di Perang Uhud, Pelajaran Ketaatan Kepada Nabi

Khalid bin Walid, saat itu masih di barisan Quraisy sebelum masuk Islam dan jadi salah satu pahlawan paling terkenal dalam sejarah Islam. Ia melihat ada celah, pos pemanah ditinggalkan oleh pasukan muslim.

Ia pun merangsek dengan pasukannya yang licah untuk menguasai Uhud hingga bikin umat Islam yang awalnya menang berubah jadi kocar-kacir.

Dari sinilah, rumor wafatnya Nabi menyebar dengan cepat. 

“Rasululllah telah pergi, ia kena panah,” tutur berita waktu itu. Isu itu berhembus dan dikisahkan, banyak orang

Faktanya, Rasulullah tidak wafat, tapi Rasulullah terluka parah dan mendapatkan pelajaran penting, yakni berupa ketaatan dan strategi perang. 

Kejadian ini termaktub alam QS.  Ali Imran: 121.

Firman Allah SWT: "... Dan (ingatlah), ketika engkau (Muhammad) berangkat pada pagi hari meninggalkan keluargamu untuk mengatur orang-orang beriman pada pos-pos pertempuran. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui. Pada ayat ini Allah mengingatkan Umat Islam akan kisah Perang Uhud."

Perang Uhud adalah salah satu perang yang disebut-sebut dalam Al-Qur’an sebagai salah ujian ketaatan umat kepada Nabi Muhammad.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x