Kompas TV religi beranda islami

Penjelasan Serta Cara Salat Jamak dan Qasar untuk Perjalanan

Kompas.tv - 6 Mei 2022, 06:01 WIB
penjelasan-serta-cara-salat-jamak-dan-qasar-untuk-perjalanan
Ilutrasi salat jamak untuk perjalanan, jangan sampai salat terlewat (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Arus balik mudik diperkirakan terjadi pada hari ini, Jumat (6/5/2022) hingga Minggu (8/5/2022). Bagi Muslim, bisa melakukan salat jamak agar tidak ketinggalan, meskipun kondisi mudik dan perjalanan.

Dikutip dari buku Bekal Ramadan dan Idul Fitri yang ditulis Ustaz Saiyid Mahadzir, Lc dijelaskan tentang cara salat jamak untuk mudik.

“Mudik jika memang jaraknya sudah lebih dari 89 km, maka itu sudah masuk kriteria safar yang membolehkan seseoramg untuk mejamak atau meng-qashar shalat, atau bahkan menjamak plus meng-qasar,” ujarnya.

Menjamak salat itu maksudnya mengerjakan dua salat dalam satu waktu, baik dikerjakan pada waktu yang pertama atau pada waktu yang kedua.

Misalnya jamak salat zuhur dan ashar dikerjakan pada waktu zuhur, disebut dengan Jamak Taqdim. Taqdim artinya mendahulukan. Atau jika keduanya dikerjakan pada waktu ashar, disebut jamak ta’khir.  Hal yang sama jika jamak shalat Magrib dan Isya’.

Sedangkan Salat Qasar adalah mengurangi jumlah salat yang empat rakaat menjadi dua rakaat saja.  

Misalnya mengerjakan salat zuhur pada waktunya dari empat rakaat menjadi dua rakaat. Hal yang sama juga berlaku dengan salat ashar dan isya.

Baca Juga: Tata Cara Salat Safar Lengkap, Sunah Dikerjakan agar Perjalanan Mudik Aman dan Barakah

Hal yang Perlu Diperhatikan

Ustaz Mahaidzir lantas menjelaskan, jika pilihannya hanya salat jamak, maka pemudik boleh menggabungkan dua salat dalam satu waktu, namun hitungan rakaatnya tetap sempurna.

Misalnya menjamak salat zuhur dengan ashar pada waktu ashar (Jamak Ta’khir), maka pemudik boleh melewatkan waktu zuhur dan sengaja tidak salat zuhur pada waktunya.

Hal ini boleh dengan catatan, bagi pemudik, sudah berazam (keinginan) untuk menjamaknya dengan salat ashar ketika waktunya tiba.  

Caranya adalah, ketika tiba waktunya waktu ashar, maka pemudik ini boleh mendahulukan salat zuhur empat rakaat, lantas berdiri lagi untuk melaksankan salat ashar empat rakaat.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x