Kompas TV religi beranda islami

Gus Baha Jelaskan soal Para Penghuni Surga, Faktanya Mengejutkan

Kompas.tv - 5 Maret 2022, 16:37 WIB
gus-baha-jelaskan-soal-para-penghuni-surga-faktanya-mengejutkan
Gus Baha menjelaskan soal orang para penghuni surga, siapa mereka? (Sumber: Situs Resmi NU)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Siapakah mayoritas orang yang kelak masuk surga?

Kata KH Bahaudin Nursalim atau biasa disapa Gus Baha adalah mereka yang bodoh. Apa maksudnya?

Gus Baha bahkan menjelaskan, menjadi bodoh atau ditakdirkan oleh Allah SWT menjadi bodoh bukanlah aib. Bahkan, menurutnya, terkadang bodoh itu penting.

"Dalam sebuah hadis Aktsarul Jannah albulhu yang memiliki arti, kebanyakan orang dalam surga itu ternyata disi oleh orang-orang yang bodoh,”  papar Gus Baha di Santri Gayeng, KOMPAS.TV sudah mendapatkan izin mengutipnya.

Kenapa harus orang bodoh kebanyakan jadi penghuni surga?  

Untuk menjelaskan orang bodoh dan penghuni surga, Gus Baha lantas mengisahkan tentang kisah Nabi Musa dan betapa kejamnya Fir’aun.

Ceritanya, Nabi Musa masih menjadi bayi.

Sedangkan dulu, ada semacam isu atau ramalan bahwa kelak, kerajaan Firaun akan diruntuhkan oleh seorang bayi, khususnya bayi laki-laki.

Maka ketika Istri Firaun yang bernama Aisyah, lanjut Gus Baha, membawa seorang bayi. Ia marah, tapi bayi memang menggemaskan.

Firaun pun menggendongnya, tapi ketika digendong tersebut janggut Firaun ditarik-tarik hingga ia kesakitan. Sontak, Firaun pun teringat tentang isu soal bayi.

Ia pun ingin membunuh bayi Nabi Musa tersebut. Kata Gus Baha, Firaun menduga bayi kecil musa tersebut sudah pintar. Ia bukan sosok bodoh. Tapi, istrinya tidak setuju. Ia pun ingin Firaun membuktikan dugaaanya tersebut.

Untuk mengujinya, apakah ia memang sengaja menarik janggut Firaun hingga marah atau memang ia adalah bayi biasa, yang bodoh dan tidak tahu apa-apa.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x