Kompas TV religi beranda islami

3 Kebiasaan Kecil Penghambat Rezeki, Salah Satunya Tidur Pagi

Kompas.tv - 4 Maret 2022, 05:37 WIB
3-kebiasaan-kecil-penghambat-rezeki-salah-satunya-tidur-pagi
Foto ilustrasi suasana pagi hari. Ada beberapa hal yang bisa bikin rezeki seret (Sumber: Jonas Weckschmied @jweckschmied/Unsplash)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada tiga kebiasaan yang bisa menghambat jalannya rezeki. Salah satunya adalah tidur di pagi hari, apalagi usai salat subuh.

Apa alasannya?

Tiga kebiasaan ini sebenarnya hal sederhana, tapi jika anda sering melakukanya ini, lebih baik mulai sekarang secara perlahan dikurangi. Sebab, efeknya bisa sangat merugikan.

Dalam kitab Ta’lim Muta’alim karya Syekh Imam az-Zarnuji termaktub beberapa kebiasan orang yang tidak sadar dapat menutup pintu rezeki.

Kitab Ta’lim adalah salah satu referensi kitab yang sering diiajarkan di banyak sekolah Islam maupun pesantren. Isinya terkait ilmu etika seorang muslim, mulai perkara tidur hingga soal makan, tak terkecuali perkara rezeki.

Berikut ini 3 kebiasaan penghambat rezeki berdasarkan kitab Ta'lim Muta'alim: 

Baca Juga: Ketika Setan Mengikat Orang yang Tidur Lagi pada Pagi Hari, Ini yang Dibisikkan

Tidur Lagi Pagi Hari

Ini memang sepele, tapi sebenarnya jadi salah satu penghambat jalannya pintu rezeki bagi kita. Rasulullah SAW bahkan mengingatkan kita berkah pagi dan rugi jika justru tidak mendapatkannya.

Rasulullah bersabda: Tidur pagi itu menghalangi datangnya rezeki. (HR Ahmad dan Baihaqi). 

Anda bisa melakukan banyak aktivitas pagi usai subuh, mulai dari zikir maupun doa ataupun aktivitas pagi lainnya semacam olahraga dan sejenisnya.

Intinya, sebisa mungkin jangan tidur pagi hari.

Tentu saja hal ini pengecualian bagi mereka yang harus bekerja tengah malam dan baru dapat benar-benar tidur di pagi hari, seperti pekerja keamaan maupun kerjaan lain yang mengharuskan melek sepanjang malam.

Makan atau sarapan dalam keadaan junub

Nah, mandi dalam keadaan tidak suci alias junub juga menjadi penghalang rezeki. Maka baiknya, anda mandi terlebih dahulu atau bersuci baru kemudian makan.

Dalam islam, makanan adalah rezeki dan menyambutnya dalam keadaan hadas sebaiknya tidak dilakukan.

Membiarkan sampah berserakan mengotori rumah

Nah, ini hal krusial lain yang tidak disadari. Kebiasaan sering membiarkan rumah dalam keadaan kotor ternyata juga dapat menghalangi rezeki.

Hal ini, kata Syekh az-Zarnuji termasuk dalam keadaan mempersulit pintu rezeki.

Untuk itu, sering-seringlah bebersih rumah. Sebab bisa jadi, itu penghalang pintu rezeki.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x