Kompas TV religi beranda islami

Ketika Setan Mengikat Orang yang Tidur Lagi pada Pagi Hari, Ini yang Dibisikkan

Kompas.tv - 3 Maret 2022, 07:31 WIB
ketika-setan-mengikat-orang-yang-tidur-lagi-pada-pagi-hari-ini-yang-dibisikkan
Ilustrasi tidur. Ada setan di samping orang yang tidur, khususnya pagi hari (Sumber: HaticeEROL/Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dikisahkan tentang aktivitas pagi seorang muslim.

Aktivitas pagi ternyata erat kaitannya dengan tugas setan, yakni untuk menjerumuskan manusia.

Betapa tidak, Nabi Muhammad mewanti-wanti bagi muslim untuk tidak tidur lagi pada pagi hari, khususnya usai salat subuh.

Dalam hadis tersebut, Nabi Muhammad mengingatkan muslim, ketika pagi hari tiba dan seseorang itu enggan untuk segera bangun beraktivitas, maka ini seperti mengencangkan tali yang dibikin malaikat ke tubuh kita.

Sebuah tali ikatan bikinan setan yang dililitkan ke tengkuk kita semua dan membisikkkan kepada kita,”Hari masih malam, tidurlah. Tidurlah.”

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu bahwa Nabi shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: “Setan akan mengikat tengkuk salah seorang dari kalian saat tidur dengan tiga ikatan ia akan membisikkan kepadamu bahwa malam masih panjang.

Jika ia terbangun lalu berzikir pada Allah lepaslah satu ikatan, jika ia berwudlu maka lepaslah dua ikatan, dan jika ia melanjutkan dengan sholat, maka lepaslah seluruh ikatan itu, sehingga pada pagi harinya ia mulai dengan penuh kesemangatan dan jiwanya pun sehat, namun jika tidak, maka dia akan memasuki waktu pagi dengan jiwa yang keji dan penuh kemalasan.” [HR Bukhari]

Berdasarkan hadis di atas, maka sebaiknya umat Islam ketika pagi hari tiba lantas beraktivitas. Baik itu zikir, olahraga maupun aktivitas lainnya.

Baca Juga: Gus Baha Jelaskan Ibadah Sunah yang Sengaja Dipaksakan, Hanya karena Tren Semata

Lantas, bagaimana jika justru pagi hari adalah waktu tidur bagi mereka yang bekerja pada malam hari, seperti satpam misalnya?

Islam tentu saja memberi keringanan terhadap aktivitas ini. Sebisa mungkin, hindari setelah subuh secara langsung. Bisa mengambil jeda dari waktu tersebut.

Islam begitu luwes dan tidak memberatkan umatnya. Jika kita mendapatkan nikmat untuk bisa tidur malam hari, maka baiknya gunakan pagi dan waktu subuh untuk beraktivitas. 

Hanya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. Semoga keberkahan senantiasa menaungi kita. Wallahu a’lam.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x