Kompas TV religi beranda islami

Wajib Diketahui, 3 Perkara Ringan Ini Menghalangi Pintu Surga

Kompas.tv - 18 Februari 2022, 07:03 WIB
wajib-diketahui-3-perkara-ringan-ini-menghalangi-pintu-surga
ilustrasi: surga kerap diasosiakan dengan tempat yang indah. Ada Tiga hal  merupakan penghalang pintu surga (Sumber: pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada tiga perkara ringan yang tidak kita sadari ternyata bisa jadi penghalang pintu surga. Hal ini bermakna, tiga hal ini sebaiknya dihindari bagi kita sebagai muslim.

Keterangan tersebut termaktub dalam hadis yang diriwatkan oleh Ibnu Majah tentang tiga hal yang ketika seseorang wafat, bisa jadi hal itu justru menghambat atau bahkan menutupi pintu surga bagi kita.

Padahal, tiga hal ini sebenarnya adalah hal yang bagi kita mungkin perkara ringan.

Namun, perkara ringan ini ternyata memiliki timbangan barat dan akan menjadi penghalang tatkala kelak berada di pintu surga, meskipun amal kita sudah banyak.

Sabda Nabi Muhammad SAW, “Barangsiapa di saat ruhnya berpisah dengan jasadnya ia terbebas dari tiga hal maka ia akan masuk surga, yaitu; sombong, mencuri ghanimah sebelum dibagi, dan utang.” (HR Ibnu Majah).

Baca Juga: Kisah Orang Miskin Masuk Surga, 500 Tahun Lebih Dulu daripada Orang Kaya

Tiga Penghalang Pintu Surga

Sombong

Bisa jadi ini terlihat sepele, tapi percayalah orang yang sombong itu begitu sifat yang sebaiknya dihindari seorang muslim.

Sikap yang bisa jadi ada di sekitar kita dan secara tidak sadar berada dalam diri kita. Sifat sombong ini bisa membuat kita kelak jadi penghambat pintu surga. 

Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.” (QS.Luqman:18)

Utang

Persoalan utang memang pelik. Maka dari itu, Islam begitu memerhatikan hal ini. Dan inilah yang cukup menakutkan. Terkadang, kita tidak sadar bahwa utang ternyata tidak akan selesai meskipun mungkin jasad kita sudah tiada.

Dalam Islam, soal utang-piutang ini menjadi salah satu yang sering dibahas para ulama mengingat begitu pentingnya soal hak, apalagi bagi mereka yang terzalimi karena persoalan utang ini.

Mungkin terlihat sepele, tapi sebaiknya tidak meremehkan soal utang ini karena bisa jadi penghambat pintu surga.

Mencuri Ghanimah (Ghulul)

Ketika dalam masa damai seperti sekarang, artinya secara harfiah tidak ada Ghanimah atau harta rampasan perang, hal ini bisa ditafsirkan soal berbuat curang kepada sesama dan mengambil hak orang lain.

Hal ini tentu saja buruk dan bisa jadi penghalang bagi pintu surga menurut para ulama.

Itulah tiga perkara ringan yang bisa jadi penghambat masuk surga. Semoga kita semua bisa menjauhinya. Amin. Wallahu a’lam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x