Kompas TV religi beranda islami

Bacaan Doa Nabi Muhammad di Bulan Rajab, Mohon Keberkahan hingga Bertemu Ramadhan

Kompas.tv - 9 Februari 2022, 16:05 WIB
bacaan-doa-nabi-muhammad-di-bulan-rajab-mohon-keberkahan-hingga-bertemu-ramadhan
Ilustrasi: berdoa. Inilah Doa Nabi Muhammad di bulan Rajab agar umur kita panjang dan berkah (Sumber: Istimewa/Tribunnews)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bulan Rajab adalah bulan haram, artinya bulan istimewa dalam Islam. Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan, ibadah dan doa, salah satunya dengan memanjatkan Doa Nabi Muhammad.

Doa Nabi Muhammad ini merupakan salah satu doa yang sering beliau baca ketika memasuki bulan Rajab.

Sebagai umat Nabi Muhammad, tentu saja doa Nabi Muhammad ini tentu saja bisa kita amalkan sebagai bagian dari meniru kebiasaan baik beliau.

Bulan Rajab adalah 1 dari empat bulan yang disebutkan dalam Alquran. Bulan lainnya adalah hijriah yang diistimewakan dalam Islam bersama dengan bulan Dzulqaidah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Firman Allah SWT: Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram.Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa. (QS At Taubah [9]:36).

Para ulama menafsirkan empat bulan haram itu, salah satunya adalah bulan Rajab. Bulan yang menjadi penanda akan datangnya bulan suci Ramadan tidak lagi lama lagi. 

Bulan Rajab 1443 Hijirah jatuh pada hari Kamis kemarin, 3 Februari 2022. Dan saat ini, Rajab sudah mendekati pekan pertama, masih ada banyak waktu untuk memperbanyak zikir dan doa. 

Untuk itulah, mumpung masih di bulan Rajab ini kita bisa mengisinya dengan banyak hal positif. Bulan Rajab sekaligus menjadi penanda menyambut bulan penuh mulia Ramadan. Setelah Rajab, Sya’ban lalu datanglah bulan Ramadan.

Doa Nabi Muhammad di bulan Rajab ini adalah upaya agar kita dipanjangkan umur hingga bertemu dengan bulan Ramadan, agar hidup kita senantiasa berkah. 

Baca Juga: Bacaaan Niat Puasa Rajab Arab-Latin, Lengkap Beserta Waktu Terbaik Berpuasa

Doa Nabi Muhammad di Bulan Rajab

Bacaan Doa Nabi Muhammad saat bulan rajab (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks Latin: Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ

“Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadan.” (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir)

Semoga Allah senantiasa memberi berkah kepada kita semua. Amin. Wallahu A'lam 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x