Kompas TV religi beranda islami

Bacaaan Niat Puasa Rajab Arab-Latin, Lengkap Beserta Waktu Terbaik Berpuasa

Kompas.tv - 2 Februari 2022, 12:00 WIB
bacaaan-niat-puasa-rajab-arab-latin-lengkap-beserta-waktu-terbaik-berpuasa
Ilutrasi bulan rajab. Ini merupakan bacaan niat puasa bulan rajab yang bisa diamalkan (Sumber: Aziz Acharki/unsplash)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bulan Rajab tahun ini 1443 Hijiriah jatuh pada hari Kamis (3/2/2022). Bulan Rajab adalah bulan istimewa bagi umat Islam. Sebuah bulan terbaik untuk meningkatkan ibadah, mulai dari zikir hingga berdoa dan puasa.

Bulan Rajab adalah 1 dari empat bulan hijriah yang diistimewakan dalam Islam bersama dengan bulan Dzulqaidah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Hal itu termaktub dalam firman Allah terkait bulan-bulan haram atau bulan suci umat Islam. 

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram.Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa. (QS At Taubah [9]:36).

Para ulama menafsirkan empat bulan haram itu, salah satunya adalah bulan Rajab. Bulan yang menjadi penanda akan datangnya bulan suci Ramadan tidak lagi lama lagi. 

Untuk ibadah puasa Rajab, sebagaimana dengan ibadah yang lain, menunaikan puasa juga harus disertai dengan adanya niat puasa.

Meskipun niat menjadi urusan dalam hati, melafalkannya akan membantu seseorang untuk menegaskan niat tersebut.

Baca Juga: Hilal Tak Terlihat, Awal Rajab 1443 H Jatuh Pada Besok Kamis 3 Februari 2022

Waktu Terbaik, Hukum dan Niat Puasa Rajab

Pada dasarnya, tidak ada waktu khusus untuk ibadah puasa rajab. Tapi, para ulama mengajurkan untuk berpuasa di tiga hari awal, tengah atau akhir sebanyak tiga kali. Bisa berturut-turut langsung tiga kali atau bisa sekali-sekali.

Berdasarkan pendapat Imam An-Nawawi ini, hukum puasa di bulan Rajab adalah sunah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x