Kompas TV religi beranda islami

Gus Baha Berkisah Malaikat Azab dan Malaikat Rahmat Bingung Catat Amal Orang Tipe Begini

Kompas.tv - 20 November 2021, 15:55 WIB
gus-baha-berkisah-malaikat-azab-dan-malaikat-rahmat-bingung-catat-amal-orang-tipe-begini
Gus Baha dalam sebuah ceramah berkisah soal malaikat rahmat dan malaikat azab bingung catat orang model begini (Sumber: kompas.id)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gus Baha berkisah tentang dua malaikat yang datang kepada manusia dengan semangat, tapi bingung.

Dua malaikat itu adalah malaikat azab yang mencatat amal buruk, sedangkan satunya malaikat rahmat bertugas mencatat kebaikan.

Dua malaikat itu, berdasarkan cerita Gus Baha, kebingungan mencatat amal maupun keburukan seseorang ini. Seseorang ini ternyata adalah orang biasa yang tidur, tapi tidurnya diniatkan untuk meninggalkan maksiat.

Meski begitu, dalam tidurnya, orang ini justru kebablasan hingga meninggalkan beberapa kewajiban, seperti mencari ilmu maupun salat.

Padahal, niat awalnya kata Gus Baha, adalah orang tidur itu ibadah meninggalkan maksiat, malah jadi meninggalkan salat. Bagaimana status orang ini? 

“Jadi status orang itu jadi yang paling diincar malaikat. Kata Malaikat azab,’orang ini sudah meninggalkan kewajiban’,” kata Gus Baha dalam video di akun resmi Santri Gayeng, dan KOMPAS.TV sudah dapat izin untuk mengutip ceramahnya.

Baca Juga: Gus Baha Jelaskan Kenapa Orang yang Suka Tidur Bisa Jadi Lebih Baik daripada yang Tahajud

Dengan berkelakar Gus Baha berkata, orang itu juga didatangi oleh malaikat rahmat, hampir berbarengan.

”Lha, di sisi lain datang malaikat rahmat datang ke orang tersebut,’orang ini meninggalkan maksiat kok, ia beribadah,” tambahnya.

Padahal, orang itu juga masih tidur, malaikat yang bertugas justru bingung. Tinggal masalahnya adalah, kata Gus Baha dengan canda, orang itu lebih akrab dengan siapa?

“Malaikat Rahmat atau malaikat azab lebih dekat dengan orang tidur tadi?” gurau Gus Baha.

Baca Juga: Gus Baha Jelaskan soal Perbedaan Jin, Iblis dan Manusia Golongan Jin di Dekat Kita

Pengasuh Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur'an LP31A Rembang itu lantas memberikan penjelasan, orang tidur itu bisa jadi lebih bermanfaat dibandingkan ibadah yang terus menerus, tapi terkadang merasa lebih pintar atau alim dibandingkan orang biasa.

Orang awam ini, kata Gus Baha, bisa jadi ia meninggalkan maksiat dengan cara yang biasa saja. Bahkan, bikin malaikat semangat lantas bingung bagaimana catat amalnya.

Urusan tidur yang membuat malaikat semangat mencatat amal ini bisa jadi pelajaran bagi mukmin.

Ini soal tidak meremehkan orang yang terlihat awam dalam hal beribadah, sebab kita tidak pernah tahu amal mana yang kelak dicatat sebagai kebaikan atau justru keburukan. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x