Kompas TV religi beranda islami

Gus Baha Jelaskan soal Perbedaan Jin, Iblis dan Manusia Golongan Jin di Dekat Kita

Kompas.tv - 12 November 2021, 17:23 WIB
gus-baha-jelaskan-soal-perbedaan-jin-iblis-dan-manusia-golongan-jin-di-dekat-kita
Gus Baha dalam sebuah ceramah. Ia menjelaskan tentang perbedaan jin, iblis dan manusia golongan jin di sekitar kita. (Sumber: kompas.id)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV Apa yang kautahu tentang jin maupun iblis? Penjelasan dari KH Bahaudin Nur Salim atau biasa disapa Gus Baha mungkin jarang kita dengar.

Kata Gus Baha, jika seseorang biasanya menyebut tentang jin adalah sekelompok makhluk di luar manusia, sebenarnya bukan sekadar itu. Paling tidak, jelas Gus Baha, ada tiga hal dan makhluk itu bisa berpikir. 

“Di dunia ini, makhluk yang bisa berpikir itu, yang jelas, pertama adalah setan,” papar beliau di akun YouTube resminya. KOMPAS TV sendiri sudah mendapatkan izin untuk mengutipnya.

Baca Juga: Gus Baha Jelaskan 5 Hal Ini Bisa Jadi Obat ketika Hati Dilanda Kesusahan

Menurut Gus Baha, setan itu rajanya makhluk yang berpikir. Setan tidak hanya pintar berpikir, tapi juga handal dalam soal mengakali segala sesuatu.

“Cerdas betul itu setan. Kalau masalah mengakali, dia ahlinya. Lalu, kedua ada manusia. Lantas selanjutnya ketiga ada kelompok mahluk bernama jin,” papar Gus Baha.

Baca Juga: Jangan Salah! Punya Istri Galak itu Berkah dan Banyak Kebaikan, Kata Gus Baha

Jin secara makna, kata Gus Baha, berarti sesuatu yang tidak terlihat. Maka orang yang akalnya tertutup, namanya disebut dengan istilah: Majnun.

“Nah, sesuatu yang tak terlihat itu namanya jin. Makanya, iblis juga termasuk jin karena tidak kelihatan. Tapi dalam Fiqih berbeda, karena telanjur menggolongkan jin berbeda dengan setan,” tambah Gus Baha.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x