Kompas TV religi beranda islami

Bacaan Doa Salat Hajat, Lengkap dengan Tata Cara dan Waktu Terbaik agar Doa Dikabulkan

Kompas.tv - 14 November 2021, 10:03 WIB
bacaan-doa-salat-hajat-lengkap-dengan-tata-cara-dan-waktu-terbaik-agar-doa-dikabulkan
ilustrasi doa salat hajat, berikut adalah bacaan dan waktu, serta tata cara salat hajat (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ini merupakan doa dalam salat Salat Hajat, salat yang disunnahkan mengerjakannya apabila punya keinginan dan ingin dikabulkan. Doa ini bisa dibacakan usai salat hajat.

Kenapa salat hajat agar keingingan kita dikabulkan?

Hal ini berdasarkan hadis Nabi SAW. “Barangsiapa yang berwudu dan sempurna wudunya, kemudian mengerjakan salat dua rakaat (salat Hajat) dan sempurna rakaatnya, Allah SWT memberikan apa yang ia pinta cepat atau lambat.” (HR Ahmad).

Jadi, anda bisa membaca doa salat hajat di bawah ini, lantas mengutarakan doa dan keinginan Anda yang ingin dikabulkan oleh-Nya. 

Baca Juga: Kiamat Bakal Terjadi di Hari Jumat, Bacalah Rutin Doa Rasulullah Ini agar Dosa-dosa Diampuni

Waktu Salat Hajat

Waktu terbaik salat hajat sebenanya bisa kapan saja. Tapi alangkah lebih utama jika di sepertiga malam, usai salat sunnah tahajud.

Pada dasarnya tidak ada larangan kapanpun untuk salat hajat, asal dua waktu diharamkan salat. Yakni usai subuh sampai matahari terbit dan usai salat Asar hingga matahari tenggelam.

Baca Juga: Doa Penarik Rezeki Anjuran Nabi, Bisa Diamalkan saat Lagi Bokek

Doa Salat Hajat agar Keinginan Terkabul

Teks arab doa salat hajat (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks Arab: La ilaha illallahul halîmul karîm. Subhanallahi rabbil ‘arsyil karîmil ‘azhim. Alhamdulillâhi rabbil ‘alaman. As’aluka mujibati rahmatik, wa ‘aza’ima maghfiratik, wal ghanîmata min kulli birrin, was salamata min kulli itsmin. La tada‘ li dzanban illa ghafartah, wa lâ hamman illa farrajtah, wa la hajatan hiya laka ridhan illa qadhaitahâ yâ arhamar rahimin.

Artinya: Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa.

Jangan Kau biarkan satu dosa yang ada padaku kecuali Engkau mengampuninya. Jangan pula Kau biarkan kebimbangan ada padaku, kecuali Engkau membebaskannya. Jangan pula Kau biarkan suatu kebutuhan yang sesuai ridha-Mu kecuali Engkau memenuhinya. Wahai Tuhan yang maha pengasih.”

Tahapan dan Tata Cara Salat Hajat

  1. Niat
  2. Takbiratul ihram
  3. Menyedekapkan tangan, lalu baca doa iftitah 
  4. Baca alfatihah
  5. Baca ayat suci alquran. Baiknya baca surat al-kafirun atau ayat kursi pada rakaat pertama. Di rakaat kedua baca surat al-ikhlas
  6. Ruku
  7. Bangun dari ruku (I’tidal)
  8. Sujud
  9. Duduk di antara dua sujud
  10. Sujud kedua
  11. Lakukan rakaat kedua seperti rakaat pertama
  12. Duduk untuk tasyahud akhir, lalu salam dan Doa
  13.  

Semoga doa-doa terkabul lewat perantaras Doa dan salat hajat. Amin. Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x