Kompas TV religi beranda islami

Lakukan 3 Amalan Ini di Hari Jumat, Dianggap Sepele tapi Pahalanya Besar

Kompas.tv - 12 November 2021, 09:52 WIB
lakukan-3-amalan-ini-di-hari-jumat-dianggap-sepele-tapi-pahalanya-besar
Ilustrasi masjid untuk salat jumat. Lakukan tiga amalan ringan ini di hari jumat (Sumber: Dokumentasi resmi pemerintah Mesir/Egypt.Gov)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tiga amalan ringan di hari Jumat ini sering dilupakan oleh umat Islam. Mungkin, karena memang kecil atau memang kerap dianggap sepele. Pahalaya besar.

Tiga amalan ringan ini bisa dilakukan tiap hari. Namun, ketika hari Jumat tiba amalan ini akan berkali-kali lipat pahalanya bagi yang mengamalkan. Sebab, hari Jumat merupakan hari terbaik di antara hari-hari lain dalam kalender kita.

Hari jumat adalah Sayyidul Ayyam, sebuah hari istimewa di mana Allah memberikan banyak sekali keberkahan di dalamnya. Tiga amalan kecil ini bisa kamu lakukan di hari Jumat.  

Baca Juga: Bacaan Doa Mustajab Malam Jumat Agar Semua Keinginan Dikabulkan, Catat Waktu Terbaiknya

3 Amalan Ringan di Hari Jumat

Pertama, Membersihkan diri.

Ini merupakan amalan pertama yang jarang dilakukan orang ketika hari Jumat. Membersihkan diri pastinya tiap hari, tapi ketika diniatkan di hari Jumat untuk beribadah kepada-Nya, maka akan jadi istimewa.

Rasul bersabda, “Barangsiapa yang mendatangi shalat Jumat baik laki-laki maupun wanita maka hendaklah mandi (bersih-bersih)." (HR Ibnu Hibban).

Kedua, Bersolek (merias diri).

Nah ini tampak kecil, apalagi kita tiap hari melakukannya. Tapi merias diri menjadi krusial sebagai ibadah di hari Jumat. Sebab biasanya, ketika ibadah, sebagian dari kita mungkin hanya berwudhu saja untuk membersihkan diri. Tanpa bersolek maupun pakai wewangian.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya hari ini (Jumat) adalah hari raya yang Allah peruntukkan bagi umat Islam. Maka, barangsiapa yang hendak menuju sholat Jumat hendaklah ia mandi, memakai wewangian jika ada, dan gunakanlah siwak." (HR Ibnu Majah dan At-Thabrani. Dihasankan Al-Albani dalam Shahih Al-Jami').

Ketiga, Memperbayak selawat kepada Nabi.

Salawat kepada Baginda Nabi ini menjadi penting. Padahal selawat ini bisa juga kita lakukan tiap hari, baik lisan maupun dalam hati.

Nah, ketika jumat, perbanyaklah kuantitas selawat. Bisa saat jalan ke kantor, di rumah maupun aktivitas lain.

Rasul bersabda,"Perbanyaklah selawat kepadaku pada malam Jumat dan hari Jumat, barangsiapa yang berselawat kepadaku satu kali maka Allah akan berselawat kepadanya 10 kali." (HR Baihaqi).

Begitulah. Semoga kita senantiasa mengamalkan tiga perkara kecil ini ya di hari Jumat. Wallahu a'lam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x