Kompas TV religi beranda islami

Menutup Pintu Rezeki, Hindari Kebiasaan Ini di Pagi Hari

Kompas.tv - 11 November 2021, 05:45 WIB
menutup-pintu-rezeki-hindari-kebiasaan-ini-di-pagi-hari
Pagi hari begitu indah, hindari kebiasaan atau aktivitas ini di pagi hari karena menutup pintu rezeki. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jika Anda sering melakukan hal ini di pagi hari, mending mulai sekarang hilangkan atau minimal dikurangi saja aktivitas itu. Sebab, kebiasaan ini bisa jadi penghambat pintu rezeki.

Dalam kitab Ta’lim Muta’alim karya Syekh Imam az-Zarnuji disebutkan tentang beberapa hal yang sebaiknya dihindari. 

Kitab ini merupakan salah satu kitab yang paling banyak diajarkan dalam pesantren-pesantren di Indonesia dan berisi tentang etika, mulai dari soal mencari ilmu hingga urusan sehari-sehari seperti halnya rezeki.

Dalam kitab itu dijelaskan beberapa hal yang bisa jadi akan menjauhkan kita dari rezeki. Beberapa hal ini merupakan kebiasaan yang kebanyakan tidak disadari, tapi biasanya rutin dilakukan, entah disengaja atau tidak. 

Baca Juga: Doa Penarik Rezeki Anjuran Nabi, Bisa Diamalkan saat Lagi Bokek

Aktivitas Pagi Penghambat Rezeki

Pertama, Tidur Lagi Usai saat Subu

Pernahkah Anda tidur pagi? Tampaknya hampir semua orang pernah melakukannya. Tidur pagi di sini yang dimaksudkan adalah, tidur lagi usai salat Subuh. Hal ini dianggap dapat mengurangi jalannya pintu rezeki.

Rasulullah bersabda: "Tidur pagi itu menghalangi datangnya rezeki. (HR Ahmad dan Baihaqi). 

Anda bisa melakukan banyak aktivitas pagi usai subuh, mulai dari zikir maupun doa ataupun aktivitas pagi lainnya semacam olahraga dan sejenisnya. Intinya, sebisa mungkin jangan tidur pagi hari.

Baca Juga: Wirid dan Zikir Bebas dari Siksaan Neraka, Baca Rutin 7 Kali Usai Magrib dan Subuh

Tentu saja hal ini pengecualian bagi mereka yang harus bekerja tengah malam dan baru dapat benar-benar tidur di pagi hari, seperti pekerja keamanan maupun kerjaan lain yang mengharuskan melek sepanjang malam.

Kedua, Makan/sarapan dalam keadaan junub

Nah, mandi dalam keadaan tidak suci alias junub juga menjadi penghalang rezeki. Biasanya, hal ini sering dilakukan apalagi jika malamnya Anda berhubungan dengan pasangan dan entah lupa atau tidak, ternyata belum sempat untuk mandi junub.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Mandi Wajib Usai Berhubungan Suami Istri

Lebih baik, Anda mandi terlebih dahulu atau bersuci, baru kemudian makan. Sebab, dalam Islam, makanan adalah rezeki dan menyambutnya dalam keadaan hadas sebaiknya tidak dilakukan.

Itulah dua aktivitas pagi yang sering secara tidak sadar sering dilakukan. Ternyata aktivitas ini menutup pintu rezeki. Hindarilah. 

Wallahu a'lam. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x