Kompas TV religi beranda islami

Maulid Nabi: Begini Sisi Lain Nabi Muhammad yang Gemar Bercanda

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 16:23 WIB
maulid-nabi-begini-sisi-lain-nabi-muhammad-yang-gemar-bercanda
ilustrasi maulid Nabi, ini salah satu kisah Nabi Muhammad (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di Bulan Maulid Nabi ini, hendaknya kita memperbanyak belajar tentang pribadi Nabi Muhammad (Sirah Nabawiyah). Salah satunya adalah sisi Rasulullah yang juga gemar bercanda.

Nabi Muhammad yang lahir pada 12 Rabiul Awal 571 H itu memang dikenal sebagai sosok yang menyenangkan dan penuh dengan cinta. Beliau juga akrab dan sering bercanda dengan para sahabat, umat dan keluarganya.

Salah satu kisah yang populer tentang humor dan canda Nabi adalah tentang seorang nenek tua yang datang kepada putra Abdullah bin Abdul Muthalib tersebut.

“Wahai Amirul Mukminin,” kata nenek tua itu.”Saya hendak bertanya kepadamu, apakah nanti di surga akan ada orang sepertiku.”

Nabi menjawab,”Tidak.”

Baca Juga: Bulan Maulid Nabi: Begini Kisah Keajaiban Masa Kecil Nabi Muhammad

Nenek itu pun menangis mendengar jawaban itu. Ia tidak menyangka, kelak ia akan dimasukkan ke neraka. Dan informasi itu ia dapat langsung dari utusan-Nya.

Nenek itu lantas pamit sambil terisak karena begitu sedih. Nabi lantas memanggilnya kembali.

“Di surga nanti tidak ada orang tua. Yang tua menjadi muda kembali,” jawab Nabi.

Baca Juga: Maulid Nabi: Kisah Bunyi Gemertak di Perut Nabi Muhammad karena Batu Melilit di Perutnya

Sontak, hal ini pun membuat nenek itu menangis kembali. Kali ini bukan karena sedih, melainkan karena terharu. Nenek itu pun akhirnya tertawa.

Itulah salah satu kisah Nabi yang gemar bercanda. Sisi Nabi yang mungkin paling jarang dibahas, padahal sisi ini menunjukkan bagaimana Nabi begitu dekat dengan umatnya dan begitu manusiawi.

Jadi, sudahkah anda bercanda dengan sahabatmu hari ini?



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.