Kompas TV religi beranda islami

Maulid Nabi: Kisah Bunyi Gemertak di Perut Nabi Muhammad karena Batu Melilit di Perutnya

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:35 WIB
maulid-nabi-kisah-bunyi-gemertak-di-perut-nabi-muhammad-karena-batu-melilit-di-perutnya
Ini buku Muhammad karya Martin Lings, salah satu buku biografi Nabi Muhammad yang pas dibaca saat maulid Nabi. Ada banyak kisah Nabi Muhammad di dalamnya dan ditulis sastrawi (Sumber: Dedik Priyanto/Kompas.tv)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mumpung Maulid Nabi, membaca kisahnya (sirah Nabawiyah) adalah salah satu cara terbaik untuk mengenang pelbagai jasa, perjuangan dan kecintaan kita terhadap Nabi Muhammad. Salah satunya adalah kisah ini, sebuah kisah pilu tentang perjuangannya ketika di Mekkah.

Waktu itu Nabi Muhammad sedang menjadi imam salat, para sahabat pun di belakang beliau jadi makmum. Lalu ketika salat, para sahabat ini mendengar bunyi gemertak beberapa kali.

Bunyi itu terjadi seolah-olah sendi-sendi saling bergesekan, para sahabat ini yakin, bunyi itu datangnya dari depan, dari tempat Rasulullah.

Usai salat, para sahabat saling bertanya, namun tidak ada yang berani menanyakan langsung ke Nabi Muhammad. Akhirnya, mereka minta Umar bin Khattab bertanya.

“Wahai Amirul Mukminin, apakah Engkau sakit?”

“Alhamdulillah, Sahabatku. Aku baik-baik saja,” jawab Nabi singkat.

Umar terdiam sejenak, ia melihat wajah Nabi. Umar tidak percaya.

Baca Juga: 3 Amalan Ringan untuk Meneladani Sifat Nabi Muhammad

“Wahai Pemimpin kami. Kami dengar suara-suara gemertak tubuh. Ketika tubuhmu digerakkan, kami mendengar seolah semuanya bergemertak. Apakah betul Engkau tidak sakit?”

Rasulullah pun melihat wajah Umar dan para sahabat cemas. Nabi Muhammad pun mengangkat jubah yang dikenakannya.

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:37
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19