Kompas TV religi beranda islami

Mumpung Rabiul Awal adalah Bulan Maulid, ini 3 Tips Meneladani Rasulullah

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 16:23 WIB
mumpung-rabiul-awal-adalah-bulan-maulid-ini-3-tips-meneladani-rasulullah
Rabiul Awal sudah ada, mari perbanyak meneladani Rasulullah (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rabiul Awal adalah bulan milik Nabi Muhammad SAW. Sebab, pada bulan ini terdapat maulid, hari lahirnya beliau. Tentunya, ini waktu yang tepat untuk meneladani sosok Rasulullah, bukan?

Untuk meneladani sosok Nabi ini, kita bisa meningkatkan dengan cara ibadah. Itu cara yang paling sederhana. Namun, ada juga tips-tips yang bisa diamalkan dan tentunya mudah untuk dilakukan.

Berikut tiga tips untuk meneladani Rasul di Rabiul Awal:

Pertama, mulai mempelajari salawat Nabi lagi.

Ada banyak ragam salawat Nabi dan bisa kita amalkan sehari-hari. Bahkan bisa juga diamalkan laiknya sebagai zikir harian. Misalnya, hal sederhana seperti salawat badar, salawat Nariyah maupun salawat lain.

Intinya, memperbanyak salawat, apa pun itu adalah salah satu cara sederhana untuk meneladani beliau.

Baca Juga: Bacaan Selawat Sederhana untuk Melancarkan Rezeki

Kedua, mempelajari lagi Sirah Nabi

Sirah Nabi atau sejarah Nabi penting untuk dipelajari lagi. Kenapa? Karena lewat mempelajari hidup Nabi kita akan bisa memetik hikmah dan pelajaran dari sosoknya. Belajar tentang amalan beliau, perjuangan beliau, melihat bagaimana ia memimpin umat dan para sahabat atau sejenisnya.

Dalam sebuah firman Allah dalam Alquran disebutkan tentang hidup Nabi Muhammad yang penuh dengan akhlak yang mulia. Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Qalam yang artinya:

"Sesungguhnya engkau (Muhammad) berada di atas budi pekerti yang agung". (Surah Al-Qalam ayat 4).

Baca Juga: Zikir Usai Salat Jumat yang Diajarkan Nabi

Ketiga, mendatangi majelis Nabi, daring juga tidak masalah

Hal Ini yang krusial saat rabiul awal. Sebisa mungkin kita mendatangi majelis-majelis Nabi. Namun karena Covid-19 masih belum reda, baiknya memang di rumah saja kalau tidak terpaksa dan sangat mendesak untuk keluar.

Tapi jangan khawatir. Belakangan ini ada banyak majelis ilmu yang dilakukan secara daring, baik di Youtube maupun di kanal media sosia, mumpung bulan Rabiul Awal. 

Di bulan maulid ini, anda bisa tetap hadir meskipun daring untuk ikut mengaji dan mendapatkan berkah dari para ustaz, kiai mapun ulama yang mengisahkan nabi. Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x