Kompas TV religi beranda islami

Zikir Usai Salat Jumat yang Diajarkan Nabi

Jumat, 24 September 2021 | 11:06 WIB
zikir-usai-salat-jumat-yang-diajarkan-nabi
Ilustrasi: umat Muslim menunaikan salat Jumat di Masjid Agung Al-Barkah, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat, (29/5/2020). (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Zikir ini diajarkan oleh Rasulullah ketika usai menjalankan ibadah Salat Jumat. Zikir usai Salat Jumat ini kerap beliau lakukan dan bisa kita tiru dan amalkan.

Tentu saja, meniru ibadah Rasulullah adalah sesuatu yang baik bukan? Apalagi, hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi Umat Islam. Hari paling baik di antara hari-hari lain dan menyimpan banyak segala keberkahan.

Bahkan, begitu istimewanya hari Jumat, Allah SWT pun mengabadikan menjadi salah satu surat dalam Al Quran. Surat itu bernama Al-Jumuaah dan merupakan surat ke-62 dalam Al Quran.

Allah SWT berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli." (QS Al-Jumuah: 9)

Baca Juga: Zikir Penarik Rezeki,  Bacalah 100 Kali Tiap Pagi Agar Rezeki Lancar

Nah, zikir Rasul usai Salat Jumat yaitu:

YA GHANIYYU YA HAMID, YA MUBDI’U YA MU’ID, YA RAHIMU YA WADUD, AGHNII BI HALALILKA AN HAROMIKA WA BITHO’ATIKA ‘AN MA’SHIYATIKA WA BI FADHLIKA ‘AMMAN SIWAAK

Artinya: "Duhai Tuhanku, Tuhan yang Maha Kaya Raya lagi Maha Terpuji, Yang Maha Memulai Lagi Kuasa Mengembalikan (Segalanya), yang Maha Penyayang lagi Pengasih, cukupkan hamba dengan pemberian-Mu yang halal, bukan yang haram. Dan puaskanlah hamba dengan kemurahan-Mu, bukan selain-Mu."

Lalu, berapa kali hendaknya dibaca dan kapan?

Zikir ini pada dasarnya bisa dilakukan sebanyak yang dimampu. Namun, Rasulullah biasanya melalafkan zikir ini empat kali usai Salat Jumat.

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:08
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19