Kompas TV religi beranda islami

Doa Salat Duha Lengkap Beserta Latin dan Maknanya

Kompas.tv - 3 Oktober 2021, 09:54 WIB
doa-salat-duha-lengkap-beserta-latin-dan-maknanya
Tangkapan layar bacaan doa Salat Duha dalam bahasa arab (Sumber: Kompas.tv/Dedik Priyanto)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Usai ibadah Salat Duha, baiknya tidak lantas beranjak untuk beraktivitas, tapi membaca doa salat doa ini terlebih dahulu.

Sebab, Ini adalah fadhilah (keutamaan) doa Salat Duha begitu dalam bagi yang menjalankannya. 

Banyak sekali keutamaan dalam melaksanaan salat Duha ini. Mulai dari mendekatkan rezeki hingga melancarkan segala persoalan.

Hadis yang menegaskan keutamaan salat Duha juga banyak, salah satunya dari Sahabat Abu Dzar Radhilayallahu anhu.

Dari sahabat Abu Dzar, Rasulullah SAW bersabda: ''Hendaklah masing-masingmu setiap pagi bersedekah untuk setiap ruas tulang badannya. Maka, tiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, melarang keburukan adalah sedekah dan sebagai ganti dari semua itu, cukuplah mengerjakan dua rakaat shalat dhuha.'' (HR Ahmad, Muslim, dan Abu Daud).

Baca Juga: Salat Duha untuk Dekatkan Rezeki, Begini Niat, Waktu, dan Tatacara

Berikut ini doa Salat Duha:

ALLAHUMMA INNADDUHA’A DHUHA’UKA, WAL BAHA’A BAHAA’UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA WA’L ISMATA ISMATUKA

ALLAHUMMA INKAANA RIZQINI FISSAMA’I FA’ANZILHU  WAINKAANA FIL’ARDHI FA’AHRIJHU WAINKAANA MU’SIRON FAYASSIRHU WAINKAAN HAROMAN FATOHHIRHU WAIN KAAN BA’IDHAN FAQORIBHU

BIHAKKU DUHAAIKA WA BAHAAIKA WAJAMAALIKA  WA QUWWATIKA WA QUDROTIKA AATINI MAA ATAITA ‘IBAADIKASSHOLIHIN

Artinya, "Wahai Tuhanku, sungguh dhuha ini adalah dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu."

Wahai Tuhanku, jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah. Jika berada di dalam bumi, maka keluarkanlah. Jika sukar atau dipersulit (kudapat), mudahkanlah. Jika (tercampur tanpa sengaja dengan yang) haram, sucikanlah.

Jika jauh, dekatkanlah dengan hak duha, keelokan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada para hamba-Mu yang saleh."

Makna yang terkandung dalam doa Salat Duha begitu dalam. Menunjukkan bahwa segala sesuatu yang ada di semesta ini bukanlah apa-apa dibandingkan dengan Sang Pencipta.

Maka, jika ingin mendapatkan sesuatu atau dipermudah, maka hanya kepada Allah semata akan dimudahkan.

Waktu Salat Duha dimulai dari terbitnya matahari hingga waktu Zuhur. Kira-kira kalau dalam ukuran waktu, mulai pukul 07.00 sampai pukul 11.00.

Salat Duha dikerjakan dua kali dengan satu salam. Jumlahnya bisa 2 rakaat, 4 rakaat atau 8 rakaat. Setelah itu, baru membaca doa di atas. 

Wallahu a'lam



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x