Kompas TV religi beranda islami

Alasan Mengapa Perbanyak Sedekah di Hari Jumat

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 14:10 WIB
alasan-mengapa-perbanyak-sedekah-di-hari-jumat
Sejumlah ibu-ibu di Kroyokan Sedekah tengah membungkusi nasi untuk dibagikan secara gratis kepada warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) (Sumber: Dok.Kroyokan Sedekah)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Begitu istimewanya Jumat bagi orang Islam hingga ketika Anda sedekah di hari ini, maka pahalanya akan dilipatgandakan. Apa alasannya?

Sedekah tentu saja sesuatu yang sangat bagus dan begitu dianjurkan. Allah SWT pun menyukai mereka yang gemar memberikan hartanya kepada mereka yang membutuhkan. Bahkan, Allah menyebut rezeki ganjaran orang yang gemar bersedekah bakal tidak habis-habis.

Dalam Al-Qur’an Surah Al Baqarah Ayat 261 Allah SWT berfirman tentang mereka yang gemar bersedekah ini.  

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Begitulah, bagi muslim yang gemar bersedekah, ganjarannya bisa sampai tak terhitung dan senantiasa berlipatganda. Apalagi, hal itu dilakukan di hari Jumat.

Hal itu disampaikan oleh Imam Syafii--pendiri mazhab Syafii dan merupakan salah satu ulama yang paling banyak diikuti di Indonesia, dalam kitab Al-Umm. Beliau menyitir Rasulullah terkait sedekah di Hari jumat ini.

Rasulullah bersabda, 'Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar'. Nabi bersabda, 'Dan di hari Jumat pahala sedekah dilipatgandakan'."

Baca Juga: Zikir adalah Sedekah, Berikut Penjelasannya

Begitulah alasan di balik kenapa kita sebaiknya bersedekah di hari jumat. Sebab, Nabi saja mencontohkan untuk bersedekah di hari Jumat ini.

Namun, satu hal yang harus diperhatikan, sedekah ini tidak melulu urusan harta. Anda juga sedekah ilmu, pengetahuan, tenaga bahkan sekadar senyuman jika memang benar-benar tidak punya uang untuk disedekahkan.

Nabi SAW bersabda: "Senyumanmu di hadapan saudaramu adalah sedekah bagimu." (HR. Tirmidzi).

Semoga kita menjadi pribadi yang gemar sedekah dan diberi selalu rahmat oleh-Nya. Amin. Wallahu a’lam.

Baca Juga: Kisah Ajaib Sedekah, Sekantong Pasir yang Berubah Jadi Gandum

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x