Kompas TV religi beranda islami

Doa Hari Jumat, Baca Tiga Kali Manfaatnya Luar Biasa

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 09:18 WIB
doa-hari-jumat-baca-tiga-kali-manfaatnya-luar-biasa
ilustrasi zikir yang bisa dilakukan di mana saja (Sumber: jcomp/freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ini merupakan doa yang bisa kamu baca ketika Hari Jumat tiba. Doa ini memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah menjadi penghapus dosa-dosa kita yang begitu banyak. Bahkan, jika dosa itu sebanyak buih di lautan.

Dalam kitab al-Adzkar karya Imam Nawawi disebutkan, doa ini diajarkan oleh Rasululllah. Kata Rasul, doa ini bisa bisa dibaca pada Jumat, khususnya pada pagi hari.

Hal ini berdasarkan hadis dari sahabat Anas bin Malik, ia mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa membaca 'Astagfirullahalladzi laa ilaaha illa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaihi' sebanyak tiga kali pada Jumat pagi sebelum shalat Ghadat (Subuh), maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya walaupun (Dosa itu) sebanyak buih di lautan." (H.R. Ibnu Sinni).

Beginilah doa hari Jumat itu:

ASTAGFIRULLALLADZI LAAILA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUM WA ATUUBU ILAIH

Artinya: Hamba memohon kepada dzat yang tiada Tuhan selain Dia, Dia adalah Dzat Yang Maha Hidup, Maha Kekal dan hamba bertaubat kepada-Nya.

Bacalah doa itu sebanyak tiga kali. Tapi, sebenarnya, tidak secara literal dibaca tiga kali lalu selesai. Tidak begitu.

Anda disarankan membaca, minimal tiga kali, untuk doa pada hari Juma init. Tentunya, lebih banyak dan lebih sering akan lebih baik. Dan, jika dijadikan amalan rutin dengan zikir serta ibadah pendukung lain, maka akan semakin banyak keberkahan di dalamnya.

Semoga Allah senantiasa mengampuni kita semua. Amin. Wallahu a’lam bisshowab.

Baca Juga: Amalan Zikir dengan Jaminan Masuk Surga

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x