Kompas TV religi beranda islami

Doa Sederhana agar Segala Urusan Lancar

Kompas.tv - 11 September 2021, 04:30 WIB
doa-sederhana-agar-segala-urusan-lancar
Ilustrasi doa untuk memperlancar segala urusan. (Sumber: Faseeh Fawaz/Gulf News)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS-TV - Jika ingin segala urusan kita lancar, maka usahakanlah sering mengamalkan doa ini. Doa ini banyak diamalkan dan dihafalkan karena memang cukup pendek, tapi begitu berpengaruh. Apalagi, doa berasal dari Al-Qur’an.

Doa ini awalnya berasal dari doa Nabi Musa ketika berhadapan dengan Fir’aun. Lalu, bagaimana kisahnya hingga beliau mendapatkan doa ini?

Baca Juga: Kisah Rasululllah Bertetangga Baik dengan Orang Yahudi hingga Mereka Bahagia

Ketika itu, Nabi Musa sedang kalut. Pasukan Fir’aun sedang kuat-kuatnya dan berencana membumi hanguskan Nabi Musa. Apalagi, mereka enggan untuk mengakui Fir’aun sebagai Tuhan.  Beliau berdoa kepada Allah untuk diberi perlindungan, diberi kemudahan urusan.

Nabi Musa ingin hijrah, pergi dari Mesir. Ia tidak ingin pertumpahan darah.  Nabi Musa pun berdoa kepada Allah dengan surat ini:

Robbisyrokhlii shodrii wayassirlii amrii wahlul 'uqdatam millisaanii yahqohuu qoulii

Artinya: Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku. (Doa Nabi Musa AS, (Q.S At Thaha 25-28)

Segala puji bagi Allah. Urusan Nabi Musa lancar. Hingga kini, surat ini pun sering digunakan dan diamalkan agar segala sesuatu yang kita hajatkan lancar. Wallahu a’lam.

Baca Juga: Doa Sederhana Rasulullah jika Kamu Diuji Sakit, Punya Arti Begitu Dalam

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x