Kompas TV religi beranda islami

Doa Sederhana Rasulullah jika Kamu Diuji Sakit, Punya Arti Begitu Dalam

Kompas.tv - 10 September 2021, 22:50 WIB
doa-sederhana-rasulullah-jika-kamu-diuji-sakit-punya-arti-begitu-dalam
Tenaga kesehatan memeriksa kondisi pasien di ruang isolasi dalam simulasi penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020). (Sumber: Kompas TV/Ant/Ari Bowo Sucipto)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Doa sederhana ini sering dibaca Rasulullah. Doa sederhana ini juga sering Rasulullah bacakan kepada para sahabat atau mereka yang sedang sakit.

Meski sederhana, namun doa Nabi Muhammad ini memilki arti yang begitu dalam. Seakan menjawab kegelisahan dan ketakutan ketika penyakit atau wabah datang ke kita.

Lewat wasilah (jalan) dari doa sederhana Rasulullah ini kita berharap, sakit yang menimpa kita akan segera sirna.

Apalagi, saat ini kondisi sedang ada wabah. Wabah Covid dan segala penyakit lain seolah tanpa berhenti dan mengawasi kita. Menunggu kita laiknya macan memburu mangsanya.

Baca Juga: Doa Malam Jumat yang Penuh Berkah

Mungkin ketika kita sedang lelah, imun sedang drop maupun pikiran kita yang sedang cemas dengan keadaaan, bisa jadi kita akan gampang terpapar penyakit. Dan jika sudah sakit, maka segala hal akan jadi lebih berat.

Maka doa dari Rasulullah ini minimal dapat membuat hati dan pikiran kita tenteram. Hati dan pikiran yang tenteram adalah modal sederhana untuk senantiasa bugar. Kondisi psikis ini juga penting untuk kita jaga.

Begini doa Rasululllah itu:

Allahuma rabbannasi adzhibil ba’sa wasyfihu. Wa antas Syaafi, la syifaa’a illa syifauauka, syifaan la yughddiru saqoma.

Artinya: Ya Allah, Tuhan dari Segala Manusia. Hilangkanlan segala kesusahan kami, berikanlah kesembuhan untuk kami. Engkau adalah Dzat yang Maha Menyembuhkan.

Tiada kesembuhan kecuali datangnya dari-Mu, sebuah kesembuhan yang tidak akan meninggalkan penyakit lain. (HR Bukhari dan Muslim).

Anda bisa membaca doa ini tiga kali sebelum tidur maupun usai Salat Subuh. Sebelum memulai segala aktivias, psikis dan batin kita juga harus disapa. 

Caranya bisa dengan sangat sederhana, seperti membaca doa ini dan menghayati maknanya yang begitu dalam ‘Tiada kesembuhan kecuali datangnya dari Allah. Sebab hanya Allah Dzat yang Maha Menyembuhkan’.  

Segala penyakit datangnya dari Allah dan Dia juga yang bakal menyembuhkan asalkan kita ikhlas, tawakal, dan ikhtiar. Wallahu a’lam bisshowab.

Baca Juga: Dzikir Membuat Hatimu Tenang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x