Kompas TV regional berita daerah

Terapi Pijat Hewan Kurban Agar Tidak Stres dan Daging Tetap Berkualitas

Kompas.tv - 27 Juli 2020, 12:38 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pedagang hewan kurban di Kabupaten Jember Jawa Timur memberikan perawatan khusus, seperti pemijatan dan pemberian jamu sehat ramuan tradisional.

Salah satu pedagang hewan kurban yang melakukan hal tersebut adalah Faidzin. Ia membuka stand penjualan hewan kurban di Jalan Raya Brawijaya Kecamatan Sukorambi.

Setiap harinya, hewan ternak sapi dimandikan, mulai dari anggota tubuh bagian dada, perut, kepala dan pangkal paha kaki bagian depan maupun belakang.

Baca Juga: Tips Memilih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam

Selesai dimandikan, hewan sapi diberikan terapi pijat, dengan teknik khusus. Fokus pemijatan dilakukan di bagian kulit, persendian dan urat agar dapat memperlancar peredaran darah dan membuat efek relaksasi serta kenyamanan pada hewan ternak.

Selain terapi pemijatan, hewan ternak sapi juga diberi pakan khusus, seperti daun-daunan, rumput dan ampas kulit kedelai yang dicampur telur mentah.

Baca Juga: Pedagang Turunkan Harga Hewan Kurban di Masa Pandemi

Faidzin mengaku hal tersebut dilakukan agar hewan tetap sehat, tidak stres dan daging berkualitas, sehingga dapat mendongkrak harga jual dan minat pembeli.

Selain untuk menarik minat pembeli, perlakukan istimewa pada sapi kurban juga sesuai anjuran Agama Islam agar hewan terhindar dari penyakit.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x