Kompas TV regional berita daerah

Tips Memilih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam

Kompas.tv - 24 Juli 2020, 11:25 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Memilih hewan kurban, yang sesuai dengan Syariat Islam wajib dilakukan. Namun tidak semua orang mengetahui bagaimana ciri hewan ternak, yang layak disembelih pada Hari Raya Idul Adha. Berikut ini tips memilih hewan kurban yang sesuai dengan Syariat Islam.

Tips ini dibagikan oleh Bagus Juni Ahadi, seorang instruktur peternakan dari perguruan tinggi negeri, yakni Politeknik Negeri Jember Jawa Timur.

Ciri hewan ternak yang sudah layak dikurbankan, yakni giginya harus sudah mengalami poel atau sudah ada pergantian gigi seri ke gigi tetap.

Hal ini bisa dilihat dari salah satu cirinya, yakni giginya terlihat mengecil di bagian bawah atau telah keropos. Sedangkan untuk gigi yang masih belum poel terlihat masih dalam keadaan bersih dan rapi.

Untuk sapi yang telah mengalami gigi poel, biasanya usianya sudah 1 setengah tahun, sedangkan kambing atau domba usianya sudah 1 tahun dan itu artinya sudah layak dikurbankan.

Selain itu, hewan kurban harus sehat. Hewan ternak yang sehat terlihat lincah, mata bersinar, hidung selalu basah, kulit atau bulunya tidak kering dan rambut bulu tidak mudah dicabut atau rontok.

Pemilihan hewan kurban wajib dilakukan, karena tidak semua pedagang hewan menjual ternaknya, yang sudah dewasa atau layak dikurbankan.

#HewanKurban #IdulAdha #Berkurban #SyariatIslam #PakarPeternakan #PerguruanTinggiNegeri #BeritaJember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x