Kompas TV regional viral

Paus Orca yang Viral Dipeluk Warga di Pantai Inobonto Ternyata Masih Bayi

Kompas.tv - 18 Juli 2020, 11:08 WIB
paus-orca-yang-viral-dipeluk-warga-di-pantai-inobonto-ternyata-masih-bayi
Paus Orca. (Sumber: AP)
Penulis : Haryo Jati

KOMPAS.TV - Paus Orca yang terdampar di Pantai Inobonto, Desa Ambang Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara ternyata masih bayi.

Sebelumnya, viral video Paus Orca dipeluk warga karena dikira lumba-lumba di pantai Inobonto.

Terkait video tersebut, Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir (BSPL) Makassar, Andry Indryasworo Sukmoputri membenarkan adanya peristiwa itu.

Baca Juga: Pembunuh siswa SMK di Pekalongan terungkap

Andry pun mengungkapkan bahwa Paus Orca yang terdampar itu masih bayi.

“Betul, kalau video itu memang kasus mamalia Paus Orca masih termasuk bayi Orca yang terdampar hidup (Kode 1) di Inobonto,” ujarnya dilansir dari Kompas.com.

Andry pun menjelaskan kejadian itu terjadi pada Juni lalu di Pantai Inoboto. 

Dia mengatakan paus tersebut sebelum dikerumuni sebenarnya sempat dihalau ke tengah laut, akan tetapi paus tersebut kembali lagi.

“Masyarakat yang berkerumun tidak mengetahui bahwa mamalia tersebut dalam kategori jenis Paus Orca dan menyangkanya lumba-lumba maka oleh sebagian masyarakat berebut memeluk bahkan berebut untuk berfoto karena dianggap jinak,” tuturnya.

Baca Juga: Suami Istri Positif Corona, Perumahan di Karawang Jalani Karantina Wilayah

Paus Orca selama ini dikenal sebagai Paus Pembunuh dan merupakan predator puncak bagi biota laut. Dia memakan berbagai ikan, anjing laut, singa laut bahkan Hiu Putih.

Di perairan Indonesia, paus ini juga sering terlihat dalam bentuk rombongan seperti di Biak, Perairan Anambas, perairan Gorontalo, perairan Lembata perairan Gorontalo, dan Perairan Lembata.

“Untuk kejadian terdampar di Inobonto baru pertama kali, sedangkan pernah ada terdampar di pesisir pantai Desa Wureh Kecamatan Adonara Barat, Flores Timur,” terang dia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x