Kompas TV regional berita daerah

Jelang Idul Adha, Peternak Kambing Etawa Meraup Untung

Kompas.tv - 13 Juli 2020, 02:18 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Menjelang Hari Hari Raya Idul Adha, sejumlah peternak kambing jenis etawa di Kabupaten Jember Jawa Timur mendapat berkah.

Pasalnya, banyak warga memburu kambing etawa untuk keperluan berkurban. Kambing etawa masih menjadi favorit umat muslim untuk berkurban, karena tubuhnya yang lebih besar dan kualitas dagingnya lebih bagus.

Baca Juga: Pedagang Buka Paksa Pasar Hewan Jelang Idul Adha

Salah satu peternakan kambing etawa, yang meraup untung tersebut adalah milik Alwi Al Habsi. Peternakan kambing etawa tersebut berada di Desa Sukorambi, Kecamatan Sukorambi.

Alwi Al Habsi mengaku permintaan kambing etawa meningkat jelang Idul Adha. Permintaan tidak hanya datang dari dalam Kabupaten Jember, namun juga dari beberapa Kabupaten sekitarnya, seperti Bondowoso, Lumajang, Situbondo, Banyuwangi, bahkan Madura.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Peternak Sapi Akui Adanya Peningkatan Pesanan

Perawatan dan pemberian pakan kambing etawa berbeda dengan kambing lokal pada umumnya. Peternak menambahkan pakan dedaunan dan ampas kulit kedelai edamame, yang memiliki protein tinggi.

Bahkan peternak juga memberikan sentrat dan vitamin agar kualitas dagingnya semakin bagus. Tidak heran jika harga kambing etawa relatif lebih mahal, yakni 6 juta per ekor.

Selain dikembangkan untuk produksi daging, peternakan kambing etawa juga disiapkan untuk kontes kambing etawa, yang hadiahnya mencapai puluhan juta rupiah.

#IdulAdha #Kurban #KambingEtawa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x