Kompas TV regional berita daerah

Pedagang Buka Paksa Pasar Hewan Jelang Idul Adha

Kompas.tv - 3 Juli 2020, 10:51 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV – Sejumlah pedagang membuka paksa beberapa pasar hewan di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur pada Kamis (02/07). Aksi tersebut dilakukan setelah pasar hewan ditutup selama 3 bulan, karena pandemi virus corona.

Salah satu pasar hewan yang dibuka paksa adalah pasar hewan Besuk. Pedagang membuka paksa pagar kayu di pintu masuk lalu membuangnya.

Mereka nekat membuka paksa pasar, karena sudah tidak punya penghasilan lagi. Sedangkan pasar hewan ditutup oleh pemerintah setempat sejak 3 bulan terakhir, karena pandemi covid-19.

Salah satu pedagang hewan, Muhammad Sholehuddin mengaku tidak mempunyai mata pencaharian lagi selain jual beli hewan sapi dan domba.

Ia juga nekat berjualan karena permintaan sapi dan kambing meningkat jelang Hari Raya Idul Adha.

Namun sayangnya, aksi membuka kembali pasar mengabaikan protokol kesehatan. Banyak pedagang tidak mengenakan masker dan  tidak jaga jarak. Di pasar juga tidak ada fasilitas tempat cuci tangan maupun handsanitizer.

Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo, Dwijoko Nur Jayadi mengaku pihak pemerintah kewalahan menertibkan pedagang, karena jumlahnya ribuan orang.

Padahal pasar hewan akan dibuka secara resmi setelah protokol kesehatan siap diterapkan.

Selain pasar hewan Besuk, ada 7 pasar hewan di Kabupaten Probolinggo yang ditutup sejak bulan April lalu. Kini pedagang akan membuka paksa semua pasar tersebut.

#PasarHewan #Pedagang #IdulAdha

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x