Kompas TV regional berita daerah

Tni Polri Luncurkan Kampung Tangguh

Kompas.tv - 11 Juli 2020, 10:57 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MINAHASA, KOMPAS.TV -  Desa Kanonang Satu Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara   dicanangkan sebagai kampung tangguh oleh TNI dan Polri.  Pencanangan kampung tangguh nusantara di Desa Kanonang satu ini Dihadiri Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey serta forum komunikasi pimpinan daerah Sulawesi Utara.

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sulawesi Utara mencanangkan Desa Kanonang Satu Di Kabupaten Minahasa sebagai kampung tangguh nusantara.

Desa ini menjadi satu dari 24 desa lainnya di Sulut  yang menjadi pilot project kampung tangguh di Sulawesi Utara lantaran dinilai telah memulai inisiatif warga setempat dalam membangun kesadaran perlawanan terhadap penyebaran Covid-19.

Desa yang ditetapkan sebagai kampung tangguh harus memiliki ketangguhan dari sektor sumber daya manusia, kesehatan, keamanan,  informasi , budaya, ekonomi dan sosial.

Aksi nyata warga desa dalam melawan Covid-19 antara lain mewajibkan warganya menerapkan protokol kesehatan  yang ketat dalam aktivitas sehari-hari.  pemerintah pun menyiapkan pos penjagaan desa dan posyandu yang menerapkan protap penanganan Covid-19.

Pasar desa disiapkan untuk mengurangi aktivitas warga di luar kampung . sementara warga usia produktif diajak untuk menanam tanaman pangan,  sehingga terwujud kemandirian pangan.

Dalam pencanangan kali ini para forum komunikasi pimpinan daerah pun melakukan penanaman bibit daun bawang di areal perkebunan warga setempat  yang diharapkan bisa membantu ekonomi warga dan mewujudkan ketahanan pangan desa.

Kampung tangguh ini merupakan inisiasi pemerintah melalui tni dan polri  dalam membangun partisipasi kolektif warga berkaitan dengan edukasi dan pola hidup melawan penyebaran Covid-19 dari desa.

#kompastvmanado # lawankorona #kampungtangguh

YANNEMIEKE SINGAL  KOMPAS TV MINAHASA - SULAWESI UTARA

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 48 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x