Kompas TV regional berita daerah

Bantu Stok Darah, Ratusan Anggota TNI Ikuti Donor Darah Massal Sambut Hari Jadi Kodam VI/ Mulawarman

Kompas.tv - 9 Juli 2020, 17:50 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV – Bakti Sosial Donor Darah dilakukan Menyambut Hari Jadi Kodam VI/Mulawarman ke-62 yang akan jatuh pada 18 Juli 2020 mendatang.

Berbeda dari tahun sebelumnya, karena di tengah pademi peringatan tahun ini tidak digelar acara besar namun dialihkan dengan kegiatan kemanusiaan dengan melakukan donor darah.

Bertema Mulawarman Peduli, donor darah massal berlangsung di aula makodim 1007/Banjarmasin, Kamis pagi (9/7/2020).

Kegiatan ini diikuti oleh 650 pendonor dari Jajaran Kodim yang berada di wilayah Korem 101/Antasari, Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Sembuh dari Covid-19, Anggota TNI Berbagi Kisah Melawan Corona dengan Pikiran Positif

Danrem 101/antasari, Brigjen TNI Firmansyah yang memimpin kegiatan berharap aksi kali ini memberi manfaat bagi masyarakat luas terlebih saat ini pandemi covid-19 masih berlangsung.

“Dalam kondisi pandemi kali ini kepedulian harus ditingkatkan, bersamaan dengan HUT Kodam kita wujudkan secara langsung. Diharapkan apa yang kita laksanakan ini bisa dirasakan manfaatnya bagi khalayak ramai.” Ucap Danrem 101/ Antasari, Brigjen TNI Firmansyah.

Donor darah massal ini digelar secara serentak di tiga provinsi  yang merupakan wilayah Kodam VI/Mlw yaitu Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara).

Kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu ketersediaan stok darah yang sering menipis selama pandemi covid-19.

Pelaksanaan donor darah kali ini pun menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat berdasarkan arahan Danrem Brigjen Firmansyah.

Baca Juga: Pilkada di Masa Pandemi, Danrem 101 / Antasari Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan

Sebelumnya di tempat terpisah, Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto secara virtual membuka acara dengan ucapan bela sungkawa dan duka cita atas meninggalnya dua anggota Persit KCK saat melahirkan dari jajaran Kodam VI/Mlw. 

Selanjutnya mengatakan bahwa, kegiatan donor darah ini merupakan wujud kepedulian para Prajurit dan PNS Kodam VI/Mlw yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan darah.

"Ini merupakan kegiatan yang mulia, karena setetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi kondisi kesehatan seorang pasien, bahkan dapat menyelamatkan jiwanya." ucap Pangdam.

"Saya mengajak kita semua untuk menjadi duta-duta yang mampu memberikan contoh dan tauladan, khususnya masyarakat agar mematuhi anjuran pemerintah tentang penerapan pola hidup sehat, penggunaan masker dan physical distancing, serta menghindari kerumunan manusia, karena covid-19 masih ada diantara kita." Tegasnya.

Baca Juga: Upayakan Terapi Plasma Convalescent, PMI Banjarmasin Bersiap Bantu Tangani Pasien Corona Kalsel

Kegiatan donor darah ini juga diisi dengan penyerahan Masker secara simbolis kepada para Kepala Rumah Sakit TNI AD jajaran Kodam VI/Mulawarman. 

Kegiatan donor darah ini juga dihadiri Kasrem 101/Antasari, para Kasi Korem dan para Komandan Satuan Balak Aju Korem 101/Antasari serta Ketua Persit KCK Koorcab Rem 101 PD VI/Mlw Ny. Pupu Firmansyah beserta pengurus.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x