Kompas TV regional berita daerah

Pilkada di Masa Pandemi, Danrem 101 / Antasari Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan

Kompas.tv - 24 Juni 2020, 21:23 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Komandan komando resor militer 101/ Antasari/ Brigadir Jenderal TNI Firmansyah memastikan pilkada Kalimantan Selatan yang rencananya akan berlangsung Desember 2020 akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Tindakan tersebut dilakukan jika jika saat pemilihan kepala daerah nantinya berlangsung masih dalam pandemi covid-19.

Hal ini diungkap Danrem saat meresmikan pembukaan 101 Cafe di Banjarmasin rabu pagi (24/06/2020).

Danrem  menyatakan pengerahan pasukan dilakukan untuk memastikan protokol kesehatan dipatuhi di tiap tempat pemungutan suara.

Baca Juga: Kafe Terapkan Protokol Kesehatan Pasca Berakhirnya PSBB di Banjarmasin

Protokol tersebut diantarannya pengaturan akses keluar masuk tempat pemungutan suara (TPS) yang berbeda, tempat duduk berjarak, hingga jika diperlukan pengaturan waktu pencoblosan.

Hal tersebut guna menghindari penumpukan warga yang berkerumun di TPS serta tetap diterapkannya pembatasan jarak fisik atau Physical Distancing.

Kendati menerapkan protokol, Brigjen TNI Firmansyah menegaskan hak dan kewajiban pelaksanaan pilkada harus tetap berjalan dengan baik.

“Pilkada harus terlaksana dengan baik tapi nanti diatur protokolnya. Mungkin keluar masuk satu arah, tempat duduk diberi jarak. Jika alokasi duduk tidak memenuhi maka diatur jam nya”, Ucap Danrem.

“tetap kita hindari kerumunanan di TPS tapi hak dan kewajiban Negara laksanakan pilkada harus tetap dilakukan”, tambah Danrem.

Baca Juga: PSBK di Banjarmasin terus Bertambah, Warga Kuin Selatan Bangun Posko Pemeriksaan

Meski demikian jumlah personel yang akan dikerahkan masih dalam tahap pemetaan.

Sebab menurutnya, Korem 101 / Antasari  masih memerlukan beberapa kali rapat dengan Kepolisian Daerah Kalsel untuk menentukan dengan pasti titik-titik rawan.

Pihaknya pun masih menunggu jumlah pasti TPS yang akan dibuka  pada  pilkada di kalsel mendatang.

“Kita akan bentuk satgas dan gelar pasukan. Kalau sekarang kita belum bisa rumuskan karena harus mengetahui dulu jumlah TPS. Jika sudah ada angkanya, lihat tingkat kerawanannya baru kemudian kita bisa buat ploting”, Terang Danrem 101/ Antasari, Brigjen TNI Firmansyah.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.