Kompas TV regional berita daerah

Di Tengah Pandemi, Warga Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Kebutuhan Pangan dengan Bercocok Tanam

Kompas.tv - 20 Juni 2020, 01:29 WIB
di-tengah-pandemi-warga-manfaatkan-lahan-kosong-untuk-kebutuhan-pangan-dengan-bercocok-tanam
Bripka Kazim mengatakan, pihaknya mendirikan beberapa titik lumbung pangan yang bersumber dari para warga dan dari para donatur di sekitar kampung mandiri . (Sumber: Polsek Panakukang Makassar)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR,KOMPAS TV - Ditengah Pandemi Covid-19,beberapa elemen masyarakat di wilayah kelurahan Tello Baru kecamatan Panakkukang kota Makassar, bergotong royong membuat ladang sayur dan membangun keramba ikan nila.

Para warga yang mendapat inspirasi dari Bhabinkamtibmas Kelurahan Tello Baru Bripka Kazim berusaha menjaga kestabilan ketahanan pangan  menjadi hal utama yang harus diperhatikan pemerintah, terutama saat pandemi covid-19 seperti saat ini.

Kepastian pasokan makanan bagi masyarakat tak terelakan lagi, di samping kebutuhan lain.

Hal ini disadari betul Bhabinkamtibmas Kelurahan Tello Baru Polsek Panakkukang Makassar untuk terus berupaya membangun komunikasi terhadap warganya agar tidak kekurangan pangan di tengah Pandemi Covid-19.

Bripka Kazim mengatakan, pihaknya mendirikan beberapa titik lumbung pangan yang bersumber dari para warga dan dari para donatur di sekitar kampung mandiri yang terletak di belakang asrama Tello kecamatan Panakukang Makassar.

Sebagai contoh, menurutnya lumbung pangan tersebut sudah menghasilkan cabay, sayuran dan ikan nila dari hasil Karamba  yang biasa digunakan oleh masyarakat sekitar.

Kazim juga menjelaskan, pendirian lumbung pangan dan kampung mandiri ini terinspirasi dari masukan Kapolsek Panakukang Kompol Jamal Fatur Rakhman untuk lebih membaur terhadap masyarakat.

"ditempat ini sengaja dibangun Karamba ikan nila untuk membantu pasokan kebutuhan sehari-hari warga ditengah Pandemi Covid-19. selain Karamba kami juga membuat ladang sayur mayur yang hampir tiap Minggu kita panen, ini juga berkat saran Kapolsek Panakukang untuk memberdayakan lokasi di bantaran sungai Tello untuk dijadikan kampung wisata." ungkap Kazim.

Dia menambahkan, pendirian lumbung pangan ini dilakukan karena hasil rembukan warga yang berada di kelurahan Tello Baru untuk bersama-sama menjadikan lokasi yang sangat strategis tersebut menjadi pilihan wisata warga disekitar.(*)

#ketahananpangan

#KelurahanTallo

#Polsekpanakukang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x