Kompas TV regional berita daerah

Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Jember Dilengkapi Mesin TCM

Kompas.tv - 2 Juni 2020, 15:32 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Rumah Sakit rujukan untuk pasien Covid-19 di Kabupaten Jember Jawa Timur kini telah dilengkapi mesin tes cepat molekuler atau TCM. Dengan alat ini, tim medis dapat mengetahui apakah pasien terinfeksi virus corona atau tidak hanya dalam waktu 45 menit.

Rumah sakti rujukan tersebut adalah RSUD dr. Soebandi Jember. Rumah sakit milik pemerintah tersebut telah menggunakan alat tes cepat molekuler atau TCM untuk mengetahui pasien terinfeksi virus corona atau tidak.

Pemeriksaan dilakukan di Ruang Instalasi Laboratorium Patologi dengan standar Bio Safety. Alat tersebut menggunakan konversi, yakni cartridge yang dihubungkan melalui komputer dengan aplikasi khusus, yang didatangkan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Adapun cara kerja alat tersebut diawali dengan memasukan sampel darah dan cairan pasien ke dalam cartridge khusus. Lalu hubungkan cartridge ke media komputer dengan aplikasi khusus.

Berikutnya adalah analisa selama 45 menit dan hasilnya langsung dapat diketahui apakah pasien terinfeksi atau steril.

Tahapan pemeriksaan menggunakan TCM hampir sama dengan tes polymerase chain reaction atau PCR pada penderita tuberkolisis atau TBC.

Spesialis Patologi Klinis, dr. Arswendo Ika Murthy mengatakan pihak rumah sakit sementara hanya mampu menganalisa 18 hingga 20 sampel pasien dalam sehari. Hal ini dikarenakan keterbatasan tim medis, yang telah mendapatkan pelatihan.

Alat ini juga digunakan untuk meneliti sampel darah dan cairan pasien dari 5 kabupaten lainya, yakni Probolinggo, Lumajang, Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi, yang semuanya sudah masuk zona merah penyebaran Covid-19.

#MesinTCM #RumahSakit #DeteksiVirusCorona



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x