Kompas TV regional berita daerah

Nikmatnya Ilabulo Kuliner Khas Gorontalo

Kompas.tv - 2 Juni 2020, 13:46 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS TV - Gorontalo Merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang kaya akan beragam macam kuliner yang menjadi ciri khasnya, mulai dari kuliner yang bercita rasa manis, kaya akan bumbunya hingga yang bercita rasa pedas.

“Ilabulo “ kuliner khas Gorontalo yang satu ini, mungkin patut anda coba untuk mencicipnya, apabila hendak berkunjung ke Gorontalo. Kudapan yang berbahan dasar sagu ini, mudah anda temukan,kuliner ini banyak dijual di sepanjang jalan yang ada di kota Gorontalo. Biasanya disore hari pedagang ilabulo ini mulai menjajakan dagangannya.

ilabulo merupakan kudapan yang berisi campuran tepung sagu dan bumbu khas, dan dicampur atau diisi dengan telur rebus, hati ayam, atau di campur dengan jeroan ayam. Kemudian dibungkus daun pisang. Biasanya ilabulo ini di kukus atau di bakar, sesuai selera bagi penikmat kuliner ini.tetapi paling banyak diminati ilabulo yang dimasak dengan cara dibakar.

Cara mengkonsumsi ilabulo biasanya, di konsumsi Bersama nasi sebagai pengganti lauk, tetapi ilabulo ini juga bisa dijadikan cemilan disore atau malam hari.

Baca Juga: Penambang Belerang Tewas Terapung di Danau Kawah Gunung Ijen

Ilabulo ini juga bisanya di sajikan dalam acara adat di Gorontalo, seperti acara sunatan, acara 7 bulanan, bahkan saat ini pada setiap hajatan di Gorontalo pasti anda akan menemukan kuliner khas ini disetiap hidangan yang disajikan.

Kuliner yang bertekstur kenyal ini, merupakan kuliner yang sudah melegenda atau sudah ada dari zaman kerajaan Gorontalo.bahkan kuliner ini salah satu kuliner favorit para raja pada zaman dahulu.

Ilabulo ini dijual dengan harga yang cukup murah,hanya dengan 5000 - 7500 rupiah perbungkusnya anda bisa mencicipi kuliner ini.

 

#Ilabulo #Kuliner Khas #Gorontalo




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x