Kompas TV regional berita daerah

Penambang Belerang Tewas Terapung di Danau Kawah Gunung Ijen

Selasa, 2 Juni 2020 | 15:57 WIB

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Penambang belerang yang hilang terbawa gelombang Danau Kawah Gunung Ijen akhirnya ditemukan pada Sabtu (30/05).

Korban ditemukan terapung di permukaan danau kawah dengan kondisi sudah tak bernyawa lagi. Korban adalah Andika, usia 61 tahun, warga Desa Blambangan, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi.

Proses evakuasi jasad korban sempat direkam oleh tim SAR. Dalam rekeman video terlihat jasad korban dievakuasi menggunakan kendaraan troli pengangkut belerang dari atas gunung hingga ke Pos Bunder.

Korban pertama kali ditemukan oleh teman korban, yang sekaligus penambang dan pengawas sulfur, yakni Arifin. Arifin saat itu melihat tubuh korban terapung di tengah danau Kawah Ijen atau 150 meter dari lokasi awal korban hilang.

Arifin kemudian langsung berenang menuju jasad korban dan menolongnya menggunakan tali. Jasad korban diikat tali lalu ditarik ke pinggir danau.

Korban merupakan penambang belerang yang bekerja di PT Candi Rimbi Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi. Sebelumnya, ia dilaporkan hilang setelah ditelan gelombang danau Kawah Gunung Ijen, setinggi 3 meter pada Jumat kemarin (29/05).

Fenomena gelombang buble, yang mirip dengan tsunami, terjadi setelah adanya dentuman keras dari dasar Kawah Gunung Ijen.

#GunungIjen #PenambangBelerang #Banyuwangi

Penulis : KompasTV Jember





BERITA LAINNYA


Kesehatan

Awas Diet Ekstrem Merajelela

Sabtu, 10 April 2021 | 18:37 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:44
KANTOR BUPATI BLITAR RUSAK AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 YANG GUNCANG WILAYAH JAWA TIMUR SIANG INI   DAMPAK GEMPA DIRASAKAN HAMPIR DI SELURUH WILAYAH JAWA TIMUR HINGGA MATARAM, NUSA TENGGARA BARAT   BMKG SEBUT PUSAT GEMPA BERADA DI LAUT PADA JARAK 96 KM ARAH SELATAN KOTA MALANG DENGAN KEDALAMAN 25 KILOMETER   KEPALA BMKG STASIUN GEOFISIKA MALANG SEBUT GEMPA YANG DIRASAKAN WARGA MALANG BERMAGNITUDO 6,1   BMKG SEBELUMNYA MENYATAKAN GEMPA DI WILAYAH MALANG TERCATAT MEMILIKI KEKUATAN MAGNITUDO 6,7   SULTAN HB X MINTA WARGA LANSIA BERSEDIA DIVAKSIN AGAR PUNYA IMUNITAS DAN SUKSESKAN PROGRAM PEMERINTAH   GUBERNUR YOGYAKARTA SULTAN HAMENGKU BUWONO X JALANI SUNTIK VAKSIN COVID-19 DOSIS KEDUA HARI INI   PELABUHAN MERAK TETAP AKAN BEROPERASI LAYANI PENYEBERANGAN BARANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK DITERAPKAN   PELABUHAN MERAK TAK AKAN LAYANI PENYEBERANGAN UNTUK ORANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK PADA 6-17 MEI DIBERLAKUKAN   POLDA METRO JAYA SEBUT AKAN ADA 20 PERSONEL TAMBAHAN YANG DIKERAHKAN UNTUK MENJAGA JALUR TIKUS KE LUAR JAKARTA   TERAPKAN LARANGAN MUDIK, POLDA METRO JAYA AKAN SIAPKAN 380 PERSONEL UNTUK MENJAGA 8 JALUR UTAMA   ANTISIPASI WARGA MUDIK, POLDA METRO JAYA BERLAKUKAN 8 TITIK PENYEKATAN JALUR UTAMA   BMKG SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 DI MALANG TERASA HINGGA KOTA YOGYAKARTA DAN KABUPATEN BANTUL   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 GUNCANG MALANG, JATIM, PADA SABTU SIANG PUKUL 14.00 WIB TAK BERPOTENSI TSUNAMI