Kompas TV regional berita daerah

Rapid Test Massal Pedagang Pasar Tradisional di Probolinggo

Kompas.tv - 14 Mei 2020, 13:01 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Ratusan pedagang pasar tradisional di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur mengikuti rapid test massal pada Rabu siang (13/05). Kegiatan ini digelar untuk mendeteksi penularan virus corona di pusat keramaian.

Satu persatu pedagang Pasar Semampir Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo menjalani rapid test massal, yang digelar oleh Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian.

Rapid Test menyasar pedagang yang berjualan permanen dan total ada 200 pedagang yang mengikuti rapid test.

Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo, Dwijoko Nur Jayadi mengatakan kegiatan ini digelar untuk mendeteksi dini penularan virus corona, mengingat tingginya interaksi warga di pasar tradisional, sedangkan tingkat kesadaran pembeli terhadap bahaya Covid-19 masih rendah.

Dwijoko menambahkan bahwa Rapid test untuk saat ini diprioritaskan kepada pedagang di 8 pasar, yang berada di Kecamatan zona merah sebaran Covid-19. Sedangkan untuk hasil rapid test akan diumumkan sehari setelah rapid test selesai digelar semuanya.

Para pedagang mendukung kegiatan ini, karena mereka dapat mendeteksi dini kondisi kesehatan mereka, yang setiap hari berinteraksi dengan pembeli.

Salah satu pembeli, bernama fitri mengaku was-was berjualan karena pedagang tidak bisa membedakan mana pembeli yang pemudik dari zona merah dan mana yang bukan.

Di Kabupaten Probolinggo sendiri jumlah warga yang positif virus corona cukup tinggi, yakni 36 orang.

#PedagangPasar #RapidTestMassal #Probolinggo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x