Kompas TV regional berita daerah

Bayi Positif Corona Umur 11 Bulan Jadi Kasus Pertama di Lampung

Kompas.tv - 6 Mei 2020, 19:47 WIB
bayi-positif-corona-umur-11-bulan-jadi-kasus-pertama-di-lampung
Ilustrasi sampel spesimen darah tes virus corona (Sumber: Shutterstock/Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot

LAMPUNG, KOMPASTV – Seorang bayi berumur 11 bulan dinyatakan terinveksi virus corona (Covid-19). Bayi positif corona itu merupakan warga Lampung Selatan dengan jenis kelamin Laki-laki.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampung, Reihana menjelaskan pasien tersebut merupakan kasus ke 55 di Lampung. Namun kasus bayi positif corona ini menjadi pasien pertama selama penanganan Covid-19 di Lampung.

Awalnya pada 14 April 2020 sekitar pukul 8.00 WIB orang tua bayi membawa ke IGD Rumah Sakit Swasta di Bandar Lampung dengan keluhan sesak napas, batuk berdahak disertai hidung tersumbat yang diderita selama empat hari. Namun bayi berusia sebelas bulan ini tidak dalam kondisi demam.

Baca Juga: Bayi Meninggal Diduga Ditelantarkan, Pihak RS: Orang Tua Menolak Tes Swab!

Ke esokan harinya, pada 15 April pasien kembali memeriksakan kondisinya kedokter spesialis anak dan dilakukan rapid test namun hasinya non reaktif atau negatif.

Berselang dua hari lalu pada 17 April dilakukan pemeriksaan kondisi bayi dan dilakukan swab oleh dokter. Karena hasilnya tidak langsung, maka pasien diminta untuk pulang.

“Hasil swab yang keluar pada 2 Mei lalu, pasien nomor 55 ini dinyatakan positif Covid 19,” ujar Reihana saat ditemui di kantornya, Rabu (6/5/2020).

Rihana menambahkan dari keterangan orang tua, pasien memiliki peyakit penyerta berupa bronkopneumonia atau radang paru sejak usia tiga bulan. Namun bayi positif corona ini dalam kondisi stabil dan sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Baca Juga: Update Corona 6 Mei: 12.438 Positif, 2.317 Sembuh, 895 Meninggal

“Baru ini ada pasien positif seorang bayi yaitu 11 bulan,” ujar Rihana.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x