Kompas TV regional berita daerah

Geliat Bisnis Anak Muda Perajin Kulit

Kompas.tv - 23 April 2020, 15:25 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPASTV - Berawal dari rasa suka terhadap benda pakai berbahan kulit, seorang pemuda di Bandar Lampung berinisiatif membuka peluang bisnis dari kerajinan kulit. Meski terbilang baru, hasil karya dengan memberdayakan anak muda ini laku terjual hingga luar negeri.

Jangan takut mencoba, itulah yang dilakukan seorang pemuda bernama Ayub Adhi Sasmita, saat merintis usaha kerajinan kulit miliknya yang berlokasi di Gang salam, Kelurahan Way Dadi, Kecamatan Sukarame, Bandar Lampung.

Meski membutuhkan waktu bertahun-tahun dalam belajar dan merintis usahanya, kini dirinya telah menghasilkan karya yang diberi nama Llama Handcraft, kerajinan berbahan kulit sapi yang ia kreasikan dalam berbagai bentuk benda pakai seperti dompet, ikat pinggang, sarung kunci dan lainnya.

Dibagian depan kita bisa melihat hasil kerajinan tangan yang terpajang dan  siap dijual, disisi lain diruangan ini juga bisa melihat proses pembuatannya, mulai dari memilih bahan, proses pembuatan pola, penjahitan, hingga proses pengecatan, tentunya ini dilakukan secara manual yang memang membutuh ketelitian.

Industri kreatif semacam ini, selain ide dan kreativitas, kemampuan bekerja secara teliti dan sabar juga diperlukan agar menghasilkan produk yang berkualitas. Selain menjual produk jadi, Llama Handcraft ini juga menerima jasa perbaikan benda berbahan kulit yang telah rusak.

Baca Juga: Melihat Benda Bersejarah di Kampung Cagar Budaya

Untuk setiap kerajinan dihargai mulai dari 150 hingga 350 ribu rupiah, tergantung kerumitan dan lama pembuatannya. Bagi anda yang tertarik dan ingin membeli, kerajinan ini juga dipasarkan dengan memanfaatkan media sosial instagram, yang dapat menjangkau kalangan muda dan meperlihatkan sejumlah produk sebelum memutuskan untuk membeli.

#KerajinanKulitSapi #LlamaHandcraft #Lampung




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x